Jangan Tambah Daya Listrik!


Masyarakat sekarang sudah mulai resah lagi dengan adanya kebijakan baru dalam kenaikan Tarif Dasar Listrik TDL 2010. Untuk rumah tangga yang sering jatuh MCB meterannya jangan terlalu terburu-buru memutuskan untuk menambah daya, otomatis bila itu dilakukan akan semakin besar tagihan listriknya.

Sebenarnya ada sedikit saran dari saya dalam menghemat penggunaan listrik dan menjaga MCB tidak selalu turun sebelum mereka memutuskan untuk menambah daya atau tidak. Pertama yang perlu diketahui bagi orang rumah, pada saat kapan MCB listrik itu turun, biasanya MCB turun pada saat kita banyak menghidupkan peralatan listrik yang berdaya besar, kasus yang sering pada malam. Lalu coba diketahui alat apa saja yang memiliki daya yang besar misalnya Kulkas (75-150 Watt), seterika (300-350 watt), televisi (50-75 watt), komputer (100-130 watt), pompa air (75-100 watt), dispenser dengan pemanas (300-400 watt), rice cooker (300-400 watt).

Dari semua alat-alat tersebut hindari penggunaan yang secara bersamaan supaya MCB tidak turun. Dispenser terlalu boros listrik jika tidak banyak dibutuhkan, pemanas air dispenser sebaiknya jangan selalu ON, hidupkan pada saat banyak dibutuhkan saja misalnya pagi hari dan setelahnya sebaiknya di matikan biasanya rumah kosong, kesimpulannya hidupkan pada saat dibutuhkan. Biasakan menyeterika pakaian jangan pada malam hari. Pergunakan pompa air untuk mengisi tangki air dan isi pada saat siang hari. Jangan gunakan lampu pijar dalam penerangan, cabut charger HP pada saat tidak dibutuhkan (banyak kasus kebiasaan cahrger HP selalu terpasang 24 jm nonstop), matikan TV bukan di buat standby (banyak kasus). Jadi intinya gunakan seperlunya dan bijaklah dalam penggunaannya. Aman untuk diri sendiri dan orang sekitarnya, ingat banyak kasus kebakaran dikarenakan peralatan elektronik yang kita tinggalkan.

Bagi yang memang butuh untuk tambah daya silahkan baca artikel Simulasi biaya penambahan daya dan juga Tarif Dasar Listrik .

About these ads

3 Tanggapan

  1. Mas Azzy
    Mau tanya nih,kalau mau tambah daya listrik dirumah jadi 1000 watt berapa ya kira-kira. soalnya rumah mau dipasangin AC nih

  2. mau tanya … klo yg dinyalakan cumna pompa air dan 3 lampu aja .. tiba2 jeglek (mcb off) itu knp ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

RichOcean INDONESIA Blog

Kaya Lautku Jaya Indonesiaku

*hari-hari Hari

melihat, mendengar...(mencoba berbicara!)

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: