Simulasi Biaya Perubahan Daya dan Pasang Baru PLN


Bagi yang belum tahu prosedur dan biaya resmi dalam penambahan daya PLN dari 450VA ke (900VA – 2200VA) ; 900VA ke (1300VA – 3500VA) atau 1300VA ke (2200VA – 3500VA) berikut saya berikan contoh perhitungannya, silahkan unduh file ini SimulasiPerhitunganTambahDaya

Untuk Persyaratan perubahan daya yang dibutuhkan yaitu: Fotocopy KTP, Fotocopy Rekening Listrik Terakhir, Surat Kuasa (Jika diwakilkan pengurusannya ke orang lain) dan Fotocopy KTP yang diberi kuasa (Jika memakai Surat Kuasa).

Dan satu lagi bagi yang ingin mengetahui perkiraan biaya pasang baru listrik PLN silahkan pula lihat contoh perhitungannya di file berikut SimulasiPerhitunganBiayaPasangBaruPLN

Untuk persyaratan pemasangan baru listrik yaitu : Fotocopy KTP, Fotocopy Rekening Listrik tetangga kanan dan kiri rumah yang mau di pasang listrik, Surat kuasa (jika tidak diurus langsung oleh pemilik), Fotocopy KTP dari yang diberi kuasa (Jika memakai surat kuasa).

Dari persayaratan itu semua kalau sistem di PLN berjalan maka tidak mungkin bisa ada calo yang berperan dalam pengurusan dalam penambahan daya atau pemasangan baru listrik karena semuanya tidak bisa diwakilkan dan kalo diwakilkan harus dengan surat kuasa dari pemilik rumah tersebut. Jadi pertanyaanya sekarang "Gimana petugas PLN apa sudah menerapakan prosedur itu, kenapa masih ada juga calo-calo dalam pengurusannya, kalo tanpa surat kuasa tentu tidak bisa……. ????

Untuk lebih lengkap mengetahui Simulasi Biaya, Rekening dan mengetahui tagihan cek disini http://adf.ly/3Gy0M

About these ads

104 Tanggapan

  1. saluut..deh…ternyata simulasi perhitungan biaya pasang baru sangat membantu calon pelanggan PLN untuk mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan,akan tetapi apakah PLN benar2 serius dalam penanganan biaya pasang baru ini?kenapa biaya untuk pasang baru di tiap daerah yang notabene masih diwilayah yang sama,misalnya Jakarta Selatan tarifnya berbeda-beda?apakah oknum petugas masih bermain di sini?

    • Intinya dalam berurusan dengan petugasa minta penjelasan secara tertulis, bukan dari suara yang keluar dari mulutnya, soalnya dari mulut yang satu dengan yang lainnya beda-beda.
      Memang kekurangnyanya tidak ada sosialisasi yang jelas, ketidaktahuan kita sasaran empuk mereka.
      Mohon pejabat PLN masyarakan di berikan penjelasan tertulis secara trasparan untuk semua hal.

    • Bohong itu mas bro mba sis…
      Masang listrik baru memang bayarnya murah ke PLN sesuai tarif jika daftar via online

      TAPPIIIIIIII….
      Tetap harus ada negosiasi (DIBUAT NEGOSIASI OLEH OKNUM) pihak ketiga / konsuil…

      karena harus di verifikasi oleh pihak ketiga.. tidak ada biaya yang baku dalam hal ini (saya sampai marah-marah ke cus service PLN karena hal ini)… Agan2 bisa cek ke 123 aja terus tanyakan kepada mereka tentang biaya konsuil / pihak ketiga.. Mereka tidak akan tahu dan disarankan untuk negosiasi dengan pihak ketiga tersebut!!!

      celah ini lah yang tetap jadi makanan empuk mereka untuk mengeruk uang haram…

      • Berdasarkan Info http://adf.ly/BNfII untuk tarif Konsuil
        Tarif Biaya Sertifikat Layak Operasi (SLO) ditetapkan oleh Konsuil dengan tarif sbb :
        Sambungan tenaga listrik dengan Daya dari 450Va sd 2.200VA
        Daya 450 VA = Rp 66.000,00
        Daya 900 VA = Rp 77.000,00
        Daya 1.300 VA = Rp 93.500,00
        Daya 2.200 VA = Rp 104.500,00
        Sambungan tenaga listrik dengan Daya diatas 2.200VA
        Daya Tersambung BPI (Rupiah)
        3.500 VA sd 7.700 VA VA Rp 33/VA
        10.600 VA sd 23.000 VA VA Rp 27,5 /VA
        33.000 VA sd 66.000 VA VA Rp 22/VA
        82.500 VA sd 197.000 VA VA Rp 19,25/VA

        Sumber ASLI: http://adf.ly/BNgDy
        BIAYA PEMERIKSAAN INSTALASI LISTRIK
        NO Daya (VA) Biaya (Rp) * Keterangan
        1 450 Rp. 60.000
        2 900 Rp. 70.000
        3 1.300 Rp. 85.000
        4 2.200 Rp. 90.000
        5 3.500 s.d 7.700 Rp. 30 Dihitung per VA
        6 10.600 s.d 23.000 Rp. 25 Dihitung per VA
        7 33.000 s.d 66.000 Rp. 20 Dihitung per VA
        8 82.500 s.d 197.000 Rp. 17,5 Dihitung per VA
        * Biaya belum termasuk PPN 10 %

  2. Yang menjadi masalah memang calo yang masih berkeliaran.

    Saya di Jogja ditawarin untuk pemasangan baru 2.200 VA dikenakan biaya 4 juta.

    Kalau penambahan daya 2 juta.

    Semua itu belum termasuk uang servisnya.

    Halah !:-)

    Salam Sehati

  3. yah klo sya mah kmaen sodara untk pg br 900VA diminta 2jt katanya buat tambahan pet titik seharga 150 rebong

  4. pemasangan listrik di kebumen pada kisaran 2 jt – 2,5 jt. Itu BTL yang naripin. Bagaimana PLN, kok sampai saat ini masyarakat “buta” tarip penyambungan listrik baru ? Transparasi sedikit kenapa ? Sosialisasi ke masyarakat ! Kirim surat ke instansi-instansi, terutama ke kantor kecamatan atau kelurahan / desa. Biar nanti kecamatan / desa yang meneruskan ke masyarakat. Eeeeeeeee………ternyata selma ini masyarakat yang dikibulin. Masa harga pada kisaran 300 rb – 400 rb bisa naik sampai 2 – 3 jutaan. Edan…….!

    • Masyarakat harus harus bertanya dan meminta info berdasarkan bukti tertulis supaya tidak di bohongin petugas. Transparansi memang sulit ditemukan dalam setiap pelayanan sosial.

    • kebumen….??? di kantor PLNnya “CALO” bergentayangan menyerupai pegawai PLN,baru masuk pos satpam aja dah di tanya mau kemana,mau apa sudah tau ke kantor PLN di tanya mau kemana/mau apa….wakwak…guoblok,kl kita ngomong alih-alih di ksih tau malah di tawari ini dan itu alias di ajak main mata.

      • Ayo….PLN Kebumen perbaiki manajemennya….Bikin spanduk informasi yang jelas.
        Atau kalau dikasih ijin masyarakan saja yg membuat dan memasang spanduk informasi disana pasti bersedia.

    • harga segitu belum termasuk instalasi,tanpa instalasi meter tidak bisa menstrafer ke dalam rumah,coba kalkulasi mulai box sikring sampai anda bisa lihat tv

  5. nice info gan….

  6. bener gan bnyk oknum calo yg gibulin konsumen terutama didaerah2 terpencil

  7. saya mau pasang listik baru utuk wilayah balaraja, dengan 1000 w . untuk pemasangan listik yang baru sekarang di kenakan biaya berapa?

    • Maksudnya 900VA klo 1000VA tidak ada, saran saya pergi sendiri dan tanyakan persyaratan lengkapnya dulu ke CS di kantor PLN.
      Jangan bertanya selain ke CS itu karena nanti akan tau deh jawabannya macam2.
      Tanya apa saja persyaratnnya yang harus di lengkapi dan berapa biaya total nanti yang akan bapak bayar dan berapa lama selesai setelah pembayaran.
      Cukup itu saja permulaan dalam bertanya ke CS tersebut.
      Untuk perkiraan harga silahkan lihat DISINI

  8. berapa rupiah untuk pemasangan listrik baru 900 W.

    diwilayah tangerang

    • sy mau tanya berapa harga pemasangan listrik baru 900 watt dan berapa hari dr daftar sampai pemasangan kwh / sampe nyala

      • Berdasarkan Simulasi biaya Pasang Baru di http://www.pln.co.id/ sebesar berikut ini:
        Simulasi Biaya Penyambungan Listrik
        Jenis Tegangan : Tegangan Rendah
        Batas Daya : 900 VA
        Biaya Total : Rp 750,-/VA * 900 VA
        : Rp 675,000,-

        Sebaiknya melakukan “Pasang Baru Online” di web PLN, supaya mendapatkan pembayaran yang jelas dan transparan. “”(tidak dikibuli oknum)””
        * Untuk sementara, layanan Pasang Baru Online hanya tersedia untuk wilayah Jawa, Bali, SUMUT, Lampung, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.
        Nanti akan jelas ada detai biayanya di kirim pula via email kita. Dan pembayaran bisa dilakukan berdasarkan Detai Biaya yang dikirim.
        Mengenai jangka waktu pemasangan berdasarkan info PLN secepatnya setelah dilakukan pembayaran dan telah melaporkan proses pembayaran tersebut.

  9. Saya tingal di muntok, bangka barat, kok pemasangan listrik di bangka mahal bget ya, pdhl waktu di survei dirumah biayanya 2 jt yg 900va, tp pas udh di pasang kok jd 2.5rts ribu. .tlg donk buat agan2 di sosialisasikan.

    • Di negara kita ini transparansi dalam urusan itu kurang/sama sekali ga ada.
      Sebenarnya kita rela untuk menambah sedikit untuk pekerjanya, kalo itu semua transparan.
      Tidak transparansi dalam segala urusan menjadikan tidak profesional, kita pun jadi tidak Ikhlas bila mau memberi.

  10. prusahaan t4 saya bekerja berencana akan menaikkan daya listriknya. daya terpasang sekarang adalah 329 KVA dan rencananya akan dinaikan menjadi 600 KVA, berapa kira2 biaya yang dibutuhkan untuk peningkatan daya tersebut. thank’s infonya

  11. Mantabbbb….utk Info dan Perhitungannya….

    Tapi..tapi..tapi…!!!!!…?????

    Kenyataan di lapangannya gmana yaa…

    Mudah2an aja sesuai…

    aminnn….

  12. Berapa biaya pasang baru Listrik PLN 900 VA Prabayar di Jl Ringin Tirto 17 Bancar Kembar , Purwokerto Utara ?

    • Kabarnya sekarang sudah ada model pemasangan baru Listrik PLN lewat bank, jadi kita cukup bawa bukti bayar ke CS di kantor PLN. Info lengkapnya segera saya share di sini.

  13. Terima kasih buat semua.rupanya ditempat sdr blm separah disini tepatnya di kec mandah kab indragiri hilir prop.riau pemasngan baru listrik sampai 6 jt dan susah pula pemasngannya..negara ini udh 66 thn merdeka tp untuk menikmati listrik aja belum dapt..kasihan masyarakat yg sebahagian nelayan itu

  14. Saya mau pasang Listrik dengan Daya 33000 VA biaya apa saja yang harus saya bayar berapa nominal yang harus saya keluarkan sampai litrik menyala di tempat saya

  15. apa benar call center 123 pln dapat secepatnya dan efisien melayani pasang baru ? saya sih kurang yakin jika CS PLN dapat memberikan penjelasan dengan baik

  16. komentar saya tentang perubahan pelayanan kinerja pasang baru lewat call center 123 pln perlu dievaluasi serius karena kurang efektif jika di berlakukan kepada warga kota Probolinggo . coba aja di tes dan buktikan menghubungi 123 untuk pasang baru , maka sangat lama menunggu dan disuguhi lagu-lagu dan membosankan karena antrian … mengular ….. dan justru pulsa kita yang tersedot pak.

  17. Di tempat saya justru lebih parah lagi, tarif pasang baru berkisar 4,5 jt smpai 5 jt untuk yg 900 VA, tempat saya di desa Lubuk Raman Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim Prov. Sumsel

    • Usahakan bertanya ke bagian CS PLN, sekarang tiap kantor PLN sudah ada bagian informasi kita harus pandai memanfaatkannya. Jangan bertanya selain CS tersebut, pasti ga bener jawabannya.
      Apa yang harus di tanyakan yaitu: Bagaimana prosedur pasang baru, Bagaimana proses administrasinya, Berapa lama prsoses penyambungan, Berapa titik lampu yg akan dipasang oleh petugas ke dalam rumah.
      Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

  18. bapak2 sy mau tanya nic ,,apakah klu pasang baru dengan daya 13200,dengan kabel di tanam,,,biaya kabel nya di bebankan sama konsumen,,thanks

  19. Saya dayat di palembang. Brp sbnarnya tarif RESMI pemasangan baru 900 watt. Kok di tmpat saya yg sudah pasang beda2 dari Rp.2 juta – 3,5 juta. Mksh infonya.

    • Buka alamat ini ada simulasi biayanya pasang baru yang sebenrnya http://www.pln.co.id/, disitu tertulis:
      Jenis Tegangan : Tegangan Rendah
      Batas Daya : 900 VA
      Biaya Total : Rp 750,-/VA * 900 VA : Rp 675,000,-
      Sebaiknya sediakan jaringan dulu di dalam rumah.

      • Yang benar Bos, kami di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur, untuk pemasangan Daya 900 VA diminta biaya Rp. 7.000.000,-

      • Informasi dari mana biaya pasang baru sampai 7 juta, jangan percaya orang lain. Tunjukkan info pasang baru yang ada di web PLN http://www.pln.co.id/ , banyak petugas PLN sendiri yang nakal menipu orang. Udah membudaya sekali dimana-mana, dengan referensi ini semoga bermanfaat. Biarlah petugas yang berhasil menipu orang lain tapi jangan sampai ke diri kita.
        Mau pasang baru sekarang malah sudah bisa online dan nanti bayarnya bisa transfer via ATM, dan bukti transfernya itu diberikan ke kantor PLN untuk dijadikan surat tugas pemasangan Meteran Listrik dan mengaliri listrik ke rumah.
        Ingat petugas hanya memasang listrik jika jaringan instalasi listrik di rumah sudah siap, jadi mereka tinggal menghubungkan instalasi PLN + Meteran Listrik dengan istalasi di rumah.

        Semoga bermanfaat!!!

        Semoga petugas yang menipu sadar, bahwa kerjaannya itu tidak di Ridhoi Allah dan tidak Halal.

      • tanya dengan sebenarnya biaya u/ 900 va apa bener2 Rp.750 udah bs nyala, atau biaya Rp. 750 cukup ke pln aja, mhn jelasmya secara detail nya. Untuk pemasangan instalisi di rumah berapa? mhn di perjelas ke pada pelanggan / masyarakat yg mau pasang……

      • PLN memang masing kurang dalam memberikan info kepada masyarakan.
        Mudah-mudahan PLN mendengar keluhan2 pelanggannya.
        Mudah-mudahan PLN lebih transparan memberikan informasi untuk pelanggan yang mau pasang baru.

  20. PLN Probolinggo saat ini sudah berubah dalam prosedur pelaynaan PLN ya… sudah berubag … sudah baik , namun yang perlu di control…. di cek juga lho… adalah dari pihak rekanan / CV PLN yang biaya pemasangan instalasi …kabel dll.. biayanya ada yang wajar tetapi juga ada yang kurang ajar artinya terlalu mahal , jika dibandingkan dengan yang standart (tidak mahal………..) gimna kok

    • pak suryono, saya juga tinggal di Probolinggo, bisa kasih saya info cv pln untuk instalasi di probolinggo dgn harga yg wajar?

  21. mantap gan informasinya sangat membantu bagi para pelanggan PLN sehingga tidak sampai kena tipu para calo….trims atas infonya gan

  22. mau nanya….berapa biaya pasang baru PLN di wilayah Kudus sekarang daya 450 W. trims

    • Berdasarkan Situs PLN http://www.pln.co.id/ , simulasi biaya pasang baru 450 VA yaitu Rp.337.500 silahkan di cek langsung ke webnya.
      Tapi untuk 450 VA sekarang susah diberikan oleh PLN, tapi coba saja untuk di daerah Kudus mungkin bisa, semoga berhasil.

  23. kebetulan saya mau pasang baru 900 VA untuk wilayah semarang, saya tanya ke calo, mereka bisa urus samapi tuntas dengan biaya Rp 1.650.000,-, saya gak percaya kok bisa sampai semahal itu, terus saya coba tanya ke PLN terdekat langsung, eh petugas PLN malah memasang tarif lebih tinggi, yaitu Rp 1.750.000,-, gimana ini?
    logikanya kalau calo kan otomatis dia juga ambil untung ya, nah masak PLN kok bisa lebih tinggi dari calo??? akhirnya saya urus sendiri, saya beli daya & meterannya saja, instalansinya sayq pake tukang listrik sendiri, karena saya akan pasang 2 rumah, jadi kalau dikali 2 kan sudah lumayan tu angkanya…
    hmmm….mohon diperhatikan nich pemerintah….

    • Ya bagusnya ngurus sendiri, malah sekarang sudah bisa mendaftar pasang baru online lewat web PLN, dan pembayaran langsung antar Bank (via ATM)jd nanti tinggal bawa bukti pembayaran dan nomor pendaftaran ke PLN untuk segera dilakukan pemasangan meteran listrik dan menghubungkan jaringannya dengan jaringan yg telah kita siapkan terlebih dahulu didalam rumah tersebut. Simulasi biaya pasang baru ada di web, jadi jangan mau kita di bodoh-bodohi oleh petugas/calo.
      Penting sekali mengetahui sesuatu sebelum melakukan sesuatu.

      • ini saya mau pasang baru biayanya 2jt untuk yg 900wat tapi tidak langsung nya apa bener begitu ??

      • Jika daerah anda merupakan salah satu daerah yang memungkinkan/bisa melakukan pendaftaran pasang baru melaluli web PLN, lakukan pendaftaran lewat Web PLN.
        Dengan web ini cukup transparan, kalau belum belum memungkinkan silahkan datang langsung ke kantor PLN pusat di daerah anda, disana pasti ada bagian CS minta informasi secara transparan.

    • Kan memang PLN cuman melayani sampek meter doang. Kalau instalasi dalam rumah jelas bukan ranah (urusan) PLN

  24. brp biaya tambah daya dr 900 VA ke 1300 VA..? Sy brda di daerah cikupa-tngrng.

  25. berapa biaya pasang listrik baru non pulsa atau yang biasa untuk wilayah kebumen?

  26. saya mau pasang baru dan mau tanya berapa lama sih jangka waku dari pemasangan sampe dengan nyala?

  27. sy mau memindahkan meteran listrik apakah bisa ? kurang lebih 35 meter

  28. sy tinggal di tanjung pinang riau,kami tinggal di 5 rumah yg berbeda,tp listrik masih jadi 1 di salah satu rumah,jd soal tagihan sy rasa kurang adil,di bagi rata,sedangkan tiap rmh belum tentu memiliki barang” elektronik yg sama,terutama saya,sy tidak memiliki kulkas,msn cuci,yg ada cm kps angin 2,tv 21”,dan computer. namun biaya yg kami byr 180 rb/bln.harga sama seperti yg lainnya yg memiliki ac dll.
    yg sy tanyakan bagaimana solusinya? sy sebenarnya ingin punya meteran sendiri,brp biaya untuk pasang meteran sendiri? apakah pasang meteran sendiri termasuk jg pasang baru? tetangga dpn sy, mempunyai kulkas,tv,kps angin,msn cc,sebulan di kenakan 85 rb.karena sdh memiliki meteran sendiri.
    terima kasih sy mohon penjelasannya..

    • Kalau memang dirasa kurang adil, solusi yang terbaik memang punya meteran sendiri, coba tanya2 dan ajukan sendiri.

  29. bagaimana prosedur penambahan daya dari 3300 menjadi 10600, dan perlu diketahui pula saat ini kami menggunakan listrik prabayar tetapi kami juga ingin lsg merubahnya menjadi pascabayar. berapa total biaya yang diperlukan

  30. berapa biaya tambah daya PLN di daerah sawangan depok dari 2200 ke 6600va, mohon info terima kasih>>

  31. Beberapa hari lalu saya jalan ke Bukittinggi dan ada Spanduk yang isinya tentang Pasang Baru Listrik jagan lewat calo, ternyata saya coba tanya seakan-akan mau pasang baru, saya pergi ke bagian CS.
    Mau pasang baru gimana? dan ternyata yang diteranginnya cukup jelas apa2 saja yg perlu disiapkan dan saya tanyakan biayanya cukup jelas juga di bilangnya pasang 900VA ( total biayanya 675rb – ga ada tambahan biaya lagi) dan disuruhnya ke bagian sebelah tempat pendaftaran. Untuk persyaratan umum sediakan fotocopy rekening listrik tetangga sebelah rumah kanan-kiri dan sebelum mengajukan instalasi listrik rumah harus telah siap dipasang, jd Petugas PLN tersebut hanya menarik kabel dari tiang ke rumah dan pasang Meteran Listrik (sekarang yg pasang meteran prabayar) dan menghubungkannya ke jaringan di rumah, di tes sama PLN udah siap. Cuma sebentar paling sekitar 1 jm harusnya sudah selesai.

  32. saya baru pasang pln. dan hanya di kasih 6 digit yang dari keterangan petugasnya untuk bayar rekening..gmana cara saya mendapatkan ID PLN yang 12 digit??

    • Coba call PLN 123 (dr tlp rumah) atau minta keterangan di kantor PLN pusat daerah anda, bagian Costumer Service (CS)

  33. saya baru pasan PLN. ini ID yang di kasih petugas PLN untuk membayar listrik 266174 gmana Caranya Agar saya mendapat ID PLN yang 12 Digit??

  34. sama juga bohong bisa daftar online setelah meter dipasang diminta surat cv …. disitu permainannnyaa…..

    • surat cv apa maksudnya itu….

      • mungkin maksudnya CV instalatir yang akhirnya untuk keluarnya SLO….Memang stahu saya di situlah membengkakny biaya….

    • minta infonya gan.. mereka minta surat cv apa.. ? atau mereka seolah olah masih ada biaya pemasangan/service?

  35. berapa lama proses pemasangan via online?

  36. negara super korup termasuk anggota2nya…..
    jd intinya hampir smua kebayakan makan hasil haram,smp2 hati nuraninya ga ada klo urusan dunia alias pulus……………….revisi…

  37. 1. Pasang baru online via pln.co.id
    2. setelah proses selesai bayar di bank
    3. tanda tangan SPJBTL di kantor pelayanan (waktu pemasangan : 7-10 hari)
    4. pada saat pemasangan di rumah cek SPK (berapa panjang kabel yg di jatah)
    5. klo proses diatas dilaksanakan, tidak akan ada pembayaran kecuali di bank

  38. Di Batam, biaya pemasangan termasuk tiang, trafo, dll dibebankan pada pelanggan. Setiap rumah harus menanggung biaya 4jt rupiah dengan alasan tidak ada anggaran untuk daerah kavling Sungai Daun Kecamatan Sei Beduk. Masyarakat yang kebanyakan hanya kalangan ekonomi menengah ke bawah akhirnya memutuskan untuk menunggu PLN punya anggaran……yg entah kapan …………….

  39. PLN pada perinsipnya jujur transparan,namun semua itu slogan belaka toh nyatanya masih banyak pemasangan baru dengan biaya mahal kunyukkkkkkkkk

  40. Biaya yang selain disebut di web PLN itu bukan dibayar ke PLN. Jadi kalau ada yang lebih dari itu bukan wewenang PLN. kalau ada oknum PLN yang meminta biaya lebih dari itu laporkan saja ke pihak berwajib.

  41. saya gak habis pikir, saya mau tambah daya dari 900-1300 kok di kasih harga 2jt ?
    emang sih sama calo.
    saya tinggal di daerah Bandar Lampung, kira2 biaya real nya berapa ya keseluruhannya gtu ?
    saya liat 200rb di http://www.pln.co.id
    nah apakah 200rb itu sudah termaksud biaya kesemua ?
    misal apa kita harus bayar alat2 lagi ? apakah harus ganti alat ?
    mohon jawabannya, terimakasih.

    • Berdasarkan layanan online tambah daya biaya yang harus di bayarkan Rp 303.000 lebih baik gunakan layanan online ini, ke kantor PLN tinggal membayarkan saja.
      Gila aja sampai 2Jt pasang baru saja tidak sampai segitu. Yang di ganti cuma MCB di meteran listrik dari 4 A jadi 6 A penukarannya saja juga mudah kurang dr 10 menit sudah siap.
      Gunakan layanan online saja.

  42. bapak/ibu/saudara smua yg ber komentar klo ga mau ketipu ma calo-calo pemasangan pln, anda – anda tinggal klik aja di http://www.pln.co.id pasti terjawab benar kata rekan kita @Azzy..
    klo bisa datangin langsung kantor PLN terdekat..
    Trims….

  43. berapa ukuran kabel yang digunakan untuk instalasi listrik 1.300 watt?

    • Untuk Instalasi listrik yg baik menggunakan kabel tunggal, 1300 watt bearti kabel itu harus mampu di lewati lebih dari arus 6A. Silahakan di tanyakan ke toko kabel. Insya Allah nanti ada posting tentang kabel, atau yg sudah ada silahkan share.

  44. LPB malah menyengsarakan konsumen……..kenyata,annya memang demikian…..dengan peralatan elektikal yg penuh dengan kelemahan ada insiden kecil seperti bohlam lampu putus saja terjadi atau timbu baca periksa yg nota bene jika token habis tak bisa isi token.harus lapor ke DG,terkadang petugasnya menyebalkan pula lambat datang dsbnya..lebih baik kembali ke pasca bayar.

  45. Sudah aq coba beberapa bulan lalumemang sangat mudah utk pasang listrik baru, tinggal telp. 10-20 hr kemudian dah dipasang… tp akan lbh mudah lg bila lewat sms atau internet, klo memang dah ada ksh tau dong….

  46. Menurt Saya biaya instalasi sampai keluarnya sertifikat layak operasi (SLO) yang memberatkan…..sedangkan PLN ga berwenang dalam hal ini….Ada yang punya solusi untuk ini ????

    • Tujuannya benar tapi caranya masih kurang.
      PLN akan menyambungkan arus listrik dari meterannya kedalam rumah setelah instalasi rumah sudah siap.
      Yang saya pernah dengan petugas SLO cuma melihat instalasi saja (“ohh sudah siap”), petugas tidak melihat/mengecek jalur instalasinya dibuat seperti apa karena jalurnya ada diatas rumah yang nampak cuma titik saklar dan lampu.
      Bagaimana dia bisa mengeluarkan sertifikat itu, seharusnya sertifikat itu jika dibutuhkan yang mengeluarkan/menjamin adalah yang membuat instalasi.
      Coba bayangkan sendiri, yg membuat instalasi si A dan kepada si B kita membayar untuk membuat/menerbitkan SLO tanpa bisa mencek secara detail.
      Kalo terjadi sesuatu dengan dengan instalasi di rumah pihak SLO bisa benar-benar menjamin.

  47. gan..
    gimana caranya klo naikkan daya dari 16000 ke 66000, utk keperluan bisnis.
    1.syarat apa saja yang harus dibawa? (perlu ke pln /cuman online aja)
    2. berapa chargenya utk pemasangan tsb?
    3. berapa lama?

    suwun

    • Silakan coba dulu layanan online (http://www.pln.co.id/pbpd/PD.php) untuk melihat besaran biayanya juga, dan kalo ada waktu bisa juga datang layanan PLN terdekat untuk bertanya dan membandingkan biaya. Sama atau tidak biaya yang disampaikan jika beda bpk bisa menunjukkan biaya yang dari layanan online.

  48. tolong bantu dong!!!!
    Kalau tambah daya dari 450 ke 1300 berapa biayanya ya???? Bukan pakai pulsa tapi tetap lewat rekening.
    Tks

    • Ibu Syarly memang PLN sekarang tidak memberikan pilihan kepada konsumen (prabayar / paskabayar), saran saya sebaiknya jangan di tambah daya tetapi pasang baru saja. Lumayan hemat biaya listrik 450Watt, jd klo punya 2 meteran lisrik maksimalkan pemakaian yg di meteran 450watt terhadap meteran yg lain maka biaya listrik kita lebih murah.
      Tetapi kemarin kasus kakak saya mau tambah listrik dr 900 ke 1300 memang dibilangnya harus ganti ke prabayar (mengisi listrik dengan token) dengan berbagai alasan petugas PLN tapi akhirnya kakak saya yang menang juga argumennya akhirnya bisa naik menjadi 1300Watt dengan gratis dan Meteran listriknya pun diganti yang baru serta tetap yang paskabayar.

  49. terkadang pelayanan pasang .baru sering lambat d lombok melalui online

  50. Saya tinggal di suatu perumahan di Medan. Perumahan tersebut gagal. Jd pihak perumahan itu memasang 1 meteran untuk 15 rumah yg ada di perumahan itu. Hal ini sdh berlangsung 3 tahun, Saat ini Kami ingin memasang meteran listrik masing”. Apakah bisa kami melakukan hal itu ? Sebab beberapa kali kami memohon pemasangan tapi tidak ditanggapi serius oleh pihak PLN. Apa yang harus kami lakukan agar kami punya meteran masing” ? Sebab jika tetap spt ini rasanya berat sekali, sebab pemakaian saya pribadi tidak banyak. Tapi tagihan listrik smp Rp 500 ribu / bulannya. Mohon di reply please.

    • Mohon bagi Petugas PLN di balas keluhan calon pelanggan ini, sepertinya ada monopoli masa 1 meteran dipakai 15 rumah dan di suruh membayar 500rb/bln (seperti pemerasan) dan tidak bisa memasang lisrik sendiri.
      Coba ibu Ani mendaftar di pemasangan baru dari web PLN http://www.pln.co.id/pbpd/ kalo berhasil mendaftar disini dan kita sudah membayarnya artinya kita sudah berhak mendapatkan hak pemasangan listrik baru.
      Semoga solusi ini membantu

  51. mau tambah daya d bulan oktober ini yg katax gratis tp msh aj kena tarf 350rb.balas.

    • Memang masih gratis. Dimana anda berurusan, langsung saja ke loket PLN.
      Kalo mereka bilang bayar juga protes, tunjukan bukti di web http://www.pln.co.id/
      Masih ada petugas yang nakal itu, mudah-mudahan kena sangsi orang tersebut

  52. saya di desa di kutai timur, ini tetangga tanya biaya pasang baru pln prabayar standarnya berapa. Soalnya yg berlaku sekarang berjalan rp.5jt.

    • Ga benar 5jt siapa itu yg bilang 5jt. Tidak mungkin orang PLN yng bilang 5jt.
      Biasakan kita mengurus sendiri prosedurnya mudah, bisa lewat webnya langsung http://www.pln.co.id atau bisa ke kantor PLN dan bertanya langsung di Costumer Service prosedur pendaftarannya. Masalah bayar nanti liat surat yang diberikan ke pada calon pelanggan, itu nanti yang kita bayarkan.

  53. Bapak saya mau tanya, saya sudah daftar pasang baru, gimana caranya ngecek, sudah masuk apa belun pendaftarannya, trus untuk biaya 2.400.000 sudah nyala, apa betul banyak gitu ya?

    • Setau saya kalau sudah ada balesan email dan jumlah yg harus kita bayar itu sudah terdaftar resmi. Silahkan saja di cek ke PLN terdekat jika sudah dibayarkan berarti siap dipasang dan dinyalakan.

  54. mau nanya gan….dulu kakak sya masang listrik daya 41500kva 3 phass waktu dulu bayar ijinnya kan cuma tertera BP (biaya penyambungan ) kok sekarang mendapat surat suruh bayar UJL nya ( uang jaminan langganan ) yg intinya klu g bisa bayar smuanya bs di cicil.yang kmi tanyakan kenapa peraturan itu kok gak disertakan sama ijinnya yg dulu.dan klu itu peraturan susulan kok pelanggan lama disuruh harus bayar.seandainya kami g maubayar apa sambungan listriknya di putus …trims.mohon jwbannya.

  55. Mau tnya.. kl pemasangan baru, tp rumah ny lom jd bs gk y..!! Br mau d bangun rmh ny.. kn perlu aliran listrik jg logika ny.. kira2 bs gk y..???

    • Menurut aturannya tidak bisa, karena PLN akan menyambungkan listrinya jika jaringan di bagunan tersebut sudah siap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: