TDL Baru tahun 2010


Tarif listrik baru sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No 7 Tahun 2010 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh PLN sudah berlaku untuk awal bulan Juli 2010 dan akan terasa pada konsumen yaitu pada pembayaran tagihan bulan Agustus 2010. Menurut peraturan ini untuk daya 450 VA dan daya 900 VA tidak mengalami penaikan tarif, dan yang mengalami penaikan mulai dari daya 1300 VA keatas.

Sayangnya dalam kenaikan tarif ini pihak PLN tidak mensosialisasikan secara penuh seperti apa bentuk kenaikannya, dari berita yang saya dapat dari internet (bukan dari web PLN) bahwa perhitungan tarif listrik baru ini sistemnya flat tidak seperti model lama yang berdasarkan sistem progresif artinya hitung dulu biaya beban, lalu hitung pemakaian 20 kWh pertama x tarif, lalu hitung 40 kWh berikutnya x tarif, dan hitung kWh sisanya x tarif, setelah itu, baru dijumlahkan. Sistem baru ini meniadakan biaya beban dan perhitungan nya flat per kWH, seperti contoh pelanggan 2.200VA memakai 100kWH maka tinggal dikalikan biaya pemakaian Rp 795 per kWh, jadi Rp 79.500.

Jadi menurutnya kenaikan untuk pelanggan 1.300 VA yaitu Rp 790 per kWH dan pelanggan 2.200VA yaitu Rp 795 per kWh dan model perhitungannya flat tanpa biaya beban, jadi untuk membandingkan berapa persen kenaikan yang terjadi silahkan download perhitungan simulasi tarif 1.300VA dan 2.200VA tarif sebelumnya, atau silahkan lihat "Simulasi Tarif Listrik PLN".Untuk golongan tarif yang lain bagaimana perhitungannya? Kenapa ga lebih transparan dalam sosialisasinya.

Saya ada contoh untuk TDL baru ini pada pelanggan 1.300VA ternyata dengan menggunakan perhitungan di atas dan membandingkannya dengan simulasi tarif 1.300VA maka semakin banyak pemakaian maka akan semakin tinggi persentase kenaikannya contohnya bila memakai 300 kWH maka persentase kenaikannya 32,52% , jika memakai 500 kWH maka akan naik menjadi 43,44% , akan lebih hemat jika pemakaian listrik dibawah 110 kWH soalnya tarifnya jadi lebih murah. Bagaimana pula denga persentase kenaikan tarif 2.200VA, untuk melihat perbadingan Simulasi perbandingan TDL lama dengan yang baru silahkan klik file berikut Perbandingan Tarif R1-1300 TDL 2010 dengan yang lama dan Perbandingan Tarif R1 2200 TDL 2010 dengan yang lama.

Soal hitung-hitungan tarif memang PLN hebat membuat modelnya, jadi yang dibilang PLN kenaikan tidak sampai 30% bagaimana simulasi perhitungannya, rata-rata setiap rumah pemakaian listrik daya 1.300VA bisa lebih 400 kWH keatas jadi kira-kira lebih dari 30% lebih kenaikannya.

Lihat pula peraturan pemerintah mengenai Tarif TDL 2010 untuk Rumah Tangga, Bisnis dan Industri.

11 Tanggapan

  1. Pak Azzy, bagaimana prosedurnya untuk penambahan daya dari 3300 ke 7700? setau saya dari hasil browsing, untuk daya sebesar itu tidak dijelaskan detilnya.

    bagaimana pula perhitungan biaya tambah dayanya?

  2. pak listrik rumah saya 1300 stand meter 28-336kwh kok tagihannya bulan ini Rp308.755,- gimana hitungnya. tolong dijelaskan, makasih pak

    • Berapa kwh pemakaian tagihannya, semuanya dari jumlah hitungan itu. Coba lihat kembali di struk/kuitansi pembayarannya.
      TQ.

  3. […] Teratas Menghitung Daya ListrikSimulasi Tarif Listrik PLNTDL Baru tahun 2010Simulasi Biaya Perubahan Daya dan Pasang Baru PLNCara menghentikan layanan RBTJangan Tambah Daya […]

  4. […] Teratas Menghitung Daya ListrikSimulasi Tarif Listrik PLNTDL Baru tahun 2010Simulasi Biaya Perubahan Daya dan Pasang Baru PLNCara menghentikan layanan RBTPembangkit Listrik […]

  5. Selamat sore pak..mau tanya kalau untuk daya 3300 biaya bebannya saja berapa rupiah per bulan? terimakasih..

    • Ibu Angel tarif baru sekarang mulai 1300VA ke atas ga pakai beiaya beban lagi, hitungannya berapa pemakaian dikalikan rupiahnya.

  6. Sudah saatnya MONOPOLI dihapuskan, karena hanya merugikan rakyat, pejabat-pejabat di BUMN monopoli juga tidak profesional kerja ,korup.

    harus ada perusahaan tandingan untuk kompetisi dengan PLN, hapuskan kesewenang-wenangan dan Monopoli PLN.

    saya ambil contoh, dulu Telekomunikasi kita hanya Telkomsel, saat itu telkomsel memonopoli dan harga sewenang2 mereka.

    coba lihat sekarang,karena adanya kompetisi TELKOMSEL,XL , INDOSAT, THREE, dll ,masyarakat juga yang merasakan hikmahnya.

    juga dengan kompetisi, perusahaan akan meningkatkan kinerja mereka otomatis untuk bersaing.

    kalau PLN ??? meskipun sumber daya yang menguasai hayat hidup orang banyak, tapi sesuai dinamika zaman, sudah salah kaprah membiarkan PLN melakukan praktek MONOPOLI.

    dengan ini saya mengajak :
    Dukung PETISI HAPUSKAN PRAKTEK MONOPOLI PLN di Facebook.

    demi persaingan dan kinerja PLN yang sehat

  7. […] Simulasi perbandingan TDL lama dengan TDL yang baru terdapat di link berikut. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: