Mengganti Kapasitor Mesin Cuci


Penyakit yang umum pada mesin cuci (mesin cuci 2 tabung) yaitu putaran mesin pencuci atau pengering lambat atau sama sekali tidak berputar. Kerusakan yang umum terjadi yaitu kapasitornya sudah lemah atau rusak, ciri-cirinya jika motor dinamonya dapat kita putar dengan tangan kalau keras lain lagi proses pengecekannya.

Mesin Cuci
Buka bagian belakang mesin cuci maka akan tampak kapasitornya. Untuk mesin cuci 2 tabung biasanya motor dinamo pencuci dan pengering dalam satu bagian kapasitor tetapi sesungguhnya itu 2 buah kapasitor dijadikan satu terlihat dari kabel yang dimilikinya 2 pasang. Untuk kasus yang saya alami mesin pencuci tidak mampu berputar jika ada beban (diisi air). Ini sudah jelas masalahnya kapasitor yang sudah lemah. Cari bagian kabel untuk kapasitor bagian motor pencuci, untuk ukurannya bisa dilihat pada kapasitor yg rusak itu, untuk kasus saya 10uF (mesin pencuci) dan 5uF (mesin pengering) ganti dengan yang baru untuk harga kapasitor ini sekitar 20-30rb saya membil Rp 25.000.

kapasitor Mesin cuci

Supaya ingat beri keterangan pada kapasitornya mana yang rusak serta tanggal pemasangan. Alhamdullilah setelah diganti mesin jalan kembali.

109 Tanggapan

  1. permisi,, bisa tolong bantu saya menghitung kebutuhan putaran mesin pengering untuk mengeringkan 0.025 kg cairan??

  2. Mantap gan,thx infonya

  3. Mas kalau pengeringnya mati dlm keadaan kosong gmn?? Trus kl cara kap atasnya gmn y? Msin cuci saya mirip gmbar yg ini

    • Hampir sama cara mengeceknya, pastikan semua kabel listrik tidak terputus dan mesin pengering bisa diputar dengan tangan (kodisi pnutup atasnya tertutup putar motornya dari bagian bawah)jika semuanya bagus mungkin kapasitornya yang sudah lemah jadi siapkan kapasitor yang sejenis sebagai penggantinya.

  4. siang bos mau tanya nh mesin cuci ada beban air ja ga mau muter apa lagi ada bajunya di cek capasitornya ga ada masalah 10 uf knp ya

  5. gan mesin cuci saya pke kapasitor 1 yg nilainya 10 uf n 4uf, bagian pengeringnya ada beban g ad beban mati sedang pencucinya hidup. apa kapasitor semacam ini bsa mati salah satu karna mesin pencucinya hidup tp ptarannya kurang kencang.
    mohon pencerahannya…tx

    • Kalau putarannya kurang kencang kemungkinan beban yang berat atau kapasitornya sudah mulai lemah, coba tukar dan lihat perbedaannya.
      Untuk pengiring dan pencuci kapasitornya masing-masing, jadi kalau pengering sudah tidak jalan bisa jadi kapasitornya memang sudah rusak (catatan: kondisi kabel dan lain-lain “OK”). Solusinya tukar yang baru saja kapasitornya harga sekitar 25-30rb (sepaket kapasitor pengering dan pencuci)

  6. bos mau tny nih, setelah saya buka kapasitornya cm ada 1. dr tulisan mas bos sbnrnya itu ada 2 kapasitor, nah cara bukanya gmn ya? apa langsung dipotong kabelnya? pdhl ada 4 kabel.. nentuin mana kabel yg untuk kapasitor pencuci gmn ya? terima kasih.

    • Memang kapasitornya 1 tapi itu untuk 2 bagian nampak ada 4 buah kabel, perhatikanlah kapasitor dalam gambar saya. Coba diurutkan berdasarkan kabelnya kearah mesin pengering dan pencuci dan tandai dan bisa pula dibaca dari keterangan yang tertulis untuk warna kabel yang digunakan pada kapasitor tersebut.

  7. Bos tanya nih,kapasitor pengering msn cuci saya 7 mikro far,kondisi lemah.bila sy ganti 8 mikro far ada efek samping gak? Muter2 cari 7 mikro gk ada hasil.trims

    • Menurut saya tidak masalah, sebaiknya disamakan saja dengan yang disarankan. Cari kapasitor yang lengkat di toko spartpart AC pasti ada berbagai macam ukuran.

  8. ass..mas..klo mesin cuci saya pengeringnya yg rusak..kapasitornya 4,2 uf..sy ganti dgn 4uf,krn ga ada yg 4,2..stelah sy pasang tetap ga jalan mas..apa itu berpengaruh atau dinamonya yg rusak, tp dinamonya masih lancar klo sy putar..(umur mesin cuci sy br 1,5 thn merk zanusi/china)
    thanks be4

    • Ada beberapa kemungkinan, pertama mungkin ada kabel yang putus kalau sudah diganti kapasitor masih tidak jalan. Perikasa jalur kabelnya dan jika ada pengaman (sekring) coba di cek putus atau tidak, gunakan Ohm Meter untuk tes kabel. Kalau bagus semua kabel nya mungkin dinamo motornya ada yg rusak.

  9. Ass boss.
    Setelah baca postingannya, sangat bagus isinya.
    Tapi ane punya permasalahan begini:
    Kemarin ane copot kapasitornya tuh, nah ane lupa cara menyambungkan kabel2nya.

    Kabel dari kapasitor kan 2 (punya ane), nah cara menyambungkannya gmn?
    Yg satu kemana, trus yg satunya lagi kemana?
    Lalu jika terbalik, apa tidak masalah boss?

    Ane tunggu jawaban secepatnya ya, makasih.

  10. mantap bosss, akan saya coba… trims…

  11. Assamualikum,
    untuk menghubungkan antara motor penggerak ke pasitor dan ke arus listrik bagaimana pak ?
    saya coba hubungkan langsung motor penggerak ke arus listrik hasilnya, sebentar saja panas , berasap, kemudian berhenti berputar,
    Terima kasih bantuannya
    Wassalam
    Agus

    • Walaikum salam
      Biasanya di belakang mesin itu ada diagram kabel-kabel, bisa dibaca dari situ.
      Mudahnya urutkan saja kabelnya yg dari mesin dan perhatikan kabelnya mengarah ke kapasitor yang mana pasti jelas kalau mengurutkan dari kabelnya, lalu lepas dan ganti kapasitornya jadi sudah pasti benar.
      Bekerja yg rapi supaya jelas kalau ragu-ragu sebaiknya didampingi orang yang mengerti tentang motor listrik, selamat mencoba.

  12. beli dimana bos kapasitor nya. toko elektronik ada gak?

  13. isi posting-nya sangat membantu saya jika ada kerusakan pada kapasitor mesin cuci. Nah, yg jadi pertanyaan saya ialah, kondisi kapasitor mesin cuci 2tabung saya memiliki 1kapasitor 11+3mikro, lalu saya membeli kapasitor 10+4mikro,saat mengantinya untuk pengering-nya saya coba pake kabel yg 4mikro,putaran masih lambat (pengeringnya),lalu saya pasang di 10mikro,putaran pengering normal kembali dan pakaian basah bisa kering kembali,apakah tak apa-apa jika saya menggunakan yg berkapasitas 10mikro untuk pengeringnya dlm jangka waktu yg lama? Apakah motor pengering sdh lemah,sehingga membutuhkan mikro yg agak besar? terima kasih sebelumnya.

    • Ini kasus baru, teorinya saya kurang tau apa pengarusnya jika bagian pengering itu digunakan kapasitor yang lebih besar dari sebelumnya.
      Mungkinkan ada kesalahan di kabel yang terpasang pada kapasitor yang baru tersebut. Atau kemungkinan lain kapasitor yang baru tersebut sudah lemah juga (cacat produksi). Coba di tes dengan Ohm Metter (Multitester)

      • Setelah mengganti kapasitor pengering beberapa waktu lalu,mungkin sekitar 2minggu yg lalu dan pengering bisa berfungsi kembali,sekarang malah gak bisa berputar sama sekali,saya coba mengganti kapasitor juga gak ada pengaruhnya. Apakah dinamo pengering sudah lemah atau terbakar ? Ataukah ada penyebab yg lain ? Kondisi mesin cuci di tempat yg aman dan bersih, tak ada tikus yg mendekat. Mohon bantuannya , terima kasih sebelumnya .

  14. ass waduh luar biasa info dan tanya jawabnya. oh indahnya bisa berbagi.
    maaf kembali saya tanya. saya punya permasalahan pada saat mencuci putaran mesin cuci pertama kuat, namun setelah memasukkan cucian kedua kok melemah ya. apa ada kaitanya dengan pulsator atau kapasitornya mana yang harus saya ganti.
    keadaan pemutar pengeringnya kadang susah memutar cucian yang masuk pengering harus di rapatka baru bisa mutar
    terimakasih infonya

    • Walaikum Salam
      Pertama dipakai putaran kuat dan yang kedua kalinya putaran melemah, apakah selalu seperti itu kejadiannya atau mungkin kah ada yang terganjal atau tersangkut sesuatu dalam mesin itu coba pastikan dulu itu. Jika tidak ada yang tersangkut dan masih seperti itu juga kurangin beban mesin cukup isi dengan air saja dan coba putar apakah bisa berjalan jika tidak berjalan dengan lemah juga kemungkinan kapasitornya harus coba di ganti yang baru.
      Untuk mesin pengering memang harus rapat semua kain yang masuk dan usahakan seimbang posisinya.

  15. AWB,
    Saya mengalami masalah dengan mesin cuci top loading 1 tabung. Awalnya, saat pengeringan mesin tidak berfungsi. Sekarang, untuk pembuangan air juga tidak berfungsi. Apakah masalahnya kapasitor rusak atau drain motornya? Di mana kapasitornya? Apa di sekitar motor atau di dalam panel atas bagian belakang? Saya tidak dapat menemukan kapasitor tsb. Mohon pencerahan. Terima kasih.

    • Untuk mesin yang satu tabung saya belum pernah mencek keadaan mesinnya. Mohon dibantu jika ada yang pernah memperbaikinya.

    • Untuk mesin cuci satu tabung kapasitor ada di bawah tabung, untuk masalah diatas bisa juga kerusakan pada modul nya.. karna mesin cuci satu tabung menggunakan sistem otomatis.. trims

  16. Halo…. mas,numpang nanya jg ni mas ya,saya punya mesin cuci 2 tabung merk samsung,type WT60H2 ukuran 6 kg,dimn mesin cuci ini pmberian kakak,cuma dlm keadan rusak,saya coba buka bagian belakang ternyata kabel2 nya bnyak yg putus dan kapsitor nya sdah gak ada. Tau gak mas brp ukuran kapsitor nya(samsung WT60H2EG/XSE 6.0 kg)serta skema diagramnya,soal diagram sdh terlepas…,mohon bantuan nya Mas… Mksh

  17. Gan mau tanya ni klx kapasitor 8uf +4uf diganti sama 10uf+5uf bisa gak ya?
    Tolong pencerahanya

    • Kapasitor 8uF > 10uF (8uF lebih besar dari 10uF) begitu pula 4uF > 5uF (4uF lebih besar dari 5uF) jadi analisa saya kemampuan motor sedikir turun dari normalnya, jadi tidak masalah jika digunakan asalkan tidak dengan beban yang maksimal. Dengan kondisi normal pun sebaiknya jangan membebankan motor secara maksimal.

  18. numpang tanya gan..sy punya mesincuci sanken pengeringnya tdk mau berputar tp ada suara dengungan pd motornya..terus sy bongkar setelah itu sy coba nyalain motornyapun berputar tapissetelah d pasang kembali..tidak mau berputar cuma suara dengungan motornya aja mohonpenjelasanya gan thanks banget..

    • Pastikan, apakah tabung pengeringnya bisa dengan mudah kita putar (bebaskan dahulu pengeremnya) kalau motor bagus tetapi ada masalah di tabung tdk bisa ikut berputar motor kemungkinan akan berdengung.

  19. bos, mesin cuci ane pengeringnya ga bisa mutar dan cuman mendengung saja. saya ganti kapasitor dinamonya hasilnya nol besar. apa spul dinamo putus? tp kok ane biarkan mendengung 5 menit bodi dinamo kerasa panas. berarti listrik masuk nih? jd bingung

    • Mendengung karena motornya tidak berputar, motornya macet dan keras jika dicoba putar dengan tangan. Cek bagian motornya

  20. gan gimna kaaux di tambahin capasitorx yg cuci dri 15 ke 20 uf

  21. trimakasih tuan bloger yg mmberi masukan informasi ttg kapasitor n mesin cuci yeaaaa good man sharing .

  22. salam kenal.numpang nanya apa kapasitor pengering mesin cuci yang aslinya 5uf bisa diganti dengan 8uf?soalnya 5uf sudah dicari ditoko tapi tidak ada yang jual…..

  23. selamat malam bro. saya sedikit bertanya ..saya punya mesin merk sanyo 2 tabung cuci baru beli 8 bulan tapi permasalhanya sekrang air buanganya tidak bisa keluar,,saya sudah membuka penutup bagian belakang pada mesin cuci.yg ada katup karet warna hita dan sudah saya bersihkan tapi air dari tabung tetap juga belum bisa keluar .apa kira-kira permasalhnya..apa say harus membuka pulsator nya mohon pencerhanya,terimkasih

    • Sudah benar pak Udin langkahnya, bagaiomana pada saat dibuka katup karet tersebut apakah ada air mengalir, jika air dalam tabung pencuci penuh air seharusnya air akan mudah keluar jika tabung itu penuh jika tidak pasti ada yg menyumbat dibagian sebelah dalamnya lagi, coba diteliti lg pasti ada yang menyumbatnya.

  24. slmt siang,
    saya punya mesin cuci 2 tabung merk toshiba 7 kilo, bodinya besar, dan tabungnya muat banyak, tapi kalau diisi air dan cucian tidak terlalu besar saja mesinnya sudah kesulitan memutar cucian,padahal umurnya blm ada 1 tahun. Apakah kami bisa mereparasi mesin cuci kami agar kuat putarannya? bagaimana caranya ya? terima kasih sekali..

  25. Pak numpang nanya, pengaruh tidak ya klw kapasitor asli 7uF diganti sama 5uF?
    Mesin pengeringnya cuma dengung aja. g mau berputar.
    Apa karena dibawah 7uF?

    • Pasti ada pengaruhnya, untuk pengaruhnya maf belum melakukan percobaan, silahkan jika sudah ada yg pernah melakukan percobaan tersebut membuat kesimpulan bagi kita.
      Untuk kasus mesin mendengung kemungkinan motor tidak mampu berputar, coba dipastikan pada saat mati putar dengan tangan apakah mesin pengeringnya itu mampu berputar, jika sulit diputar dengan tangan maka motor akan mendengung.

      • om mesin cuci kenapa jika buat nyuci pengering ikut berputar sendiri

      • Mau sharing saja, pada saat pengering mendengung tapi tidak mau berputar, saya tengok dibagian belakang ada kabel/kawat yang putus karena karatan.

        Kabel ini ditarik oleh kap penutup bagian tabung pengering. Ketika kap dibuka kabel mengendur dan melepaskan koneksi tabung ke dinamo (dinamo tetap berputar/berdengung tapi tabung tidak) mungkin mirip sistem pada kopling kendaraan ya?

        Kabel ini saya ganti dengan senar gitar, dan dinamo pengering kembali berputar.

      • Ya itu kabel perlu diperhatikan pula itu. Sebab jika kap pengering di buka maka motor pengering akan atomatis mengerem.

  26. Pak,
    kapasitor boleh dipisah gak, 1 untuk pengering, 1 untuk pencuci?

  27. Kalo wktu blum diisi beban msin pngerin bisa laju knceng. Tp wktu diisi mlah lajunya laaaambat. Pdahal dinamo dah tk gnti ma tmbga. Apa tu penyebabnya

  28. pak mau nanya mesin cuci 2 tabung klo wash nya putaranya hanya searah itu apa karena kapasitor ny yang rusak

    • Cek pada kontrol di timernya

      • asalamualaikum
        permisi mau tanya pak,mesin cuci saya merk sanken 2 tabung,encuci n pengeringnya tidak bisa beroprasi setelah saya cek ternyata kapasitornya terbakar,tapi setelah saya ganti kapasitornya hanya pengeringnya saya yang bisa sedangkan pencucinya ngak bisa,mohon pencerahanya.

      • Cek kembali kabel yang terpasang di kapasitornya, cek juga apakah motor mesinnya itu bisa diputar dengan tangan. jika sudah benar dan tetap tidak mutar juga kemungkinan sudah ada yang putus kabel motor dinamonya.

  29. Mesin cuci saya Merk SANKEN untuk mencuci tidak mau berputar apabila ada beban tapi bisa berputar apabila di putar pake tangan….
    Mohon Tanya Gan?????

  30. Mas mau nanya..saya sdh ganti kapasitor mesin cuci saya ( sharp est85cl) yg sesuai tahanannya dgn aslinya :11-3uf..putaran wash masih lambat..spindry gak ada masalah..bisa dibantu langkah berikutnya yg bisa saya lakukan mas..trmksh sbelumnya

  31. GAN Penmgering pada mesin cuci politron tidak mau muter pa pentebabnya gan trims

  32. assalamuaalaikum
    bos msn cuci ane juga ada gejala lemah kapasitor,ane cm mau pastiin awalnya motor cucin yang g mau muter,selisih 1bulan pengeringna yg g muter. apa mgk kapasitornya yg eusak padahal kan 1kapasitor

  33. Pak mau nanya nih mesin cuci saya dua tabung,klo di masukin cucian nggk bisa mutar kencang?…

    • Coba ganti kapasitornya yang baru dengan nilai yang sama.

      • Mas bro, mesin cuci 1 tabung, pengering ane cuma berputar 1 detik, langsung off, itu kenapa ya? Pintu penutup kalo dibuka tidak mau putar sama sekali, sy tutup kembali, putar hanya 1 detik terus off… mohon pencerahannya…

  34. mau nanya mesin cuci saya 2 tabung,pas saya pakai tahu-tahu listrik rumah saya anjlog dan mesin cuci tidak bisa mutar lagi,kenapa ya?padahal pas pertama dipakai nyuci bisa ini tinggal bilas malah ndak bisa muter

  35. jazakallah …

  36. assalamualaikum wr wb
    ini kenapa ya pengering mesin cuci 2 tabung saya tetap lambat putarannya padahal sdh diganti kapasitornya , kabel nya sdh saya cek normal aja dan di motor nya itu cepat sekali panas apakah kerusakan dimotornya ? mohon bantuannya terima kasih

  37. ass wr.wb. pak saya mau mengganti motor wash tetapi gak bisa dikeluarkan dari mesin cuci gimana cara membuka / melepas tabung dengan kerangkanya untuk mesin cuci 2 tabung merk samsung

    • Memang untuk membukanya cukup sulit, bisa minta pertolong org saja atau jasa service karena mereka bnyak alat. Jika mau cari waktu sengang anda untuk memperhatikan saat membongkarnya, apa yang rusak bisa anda cari sendiri di tempat jual alat2 AC/Kulkas/mesin cuci dengan membawa alat yang rusak sebagai contoh.

  38. terima kasih pencerahannya. saya terlambat buka nih websitenya. saya jadi kena tipu. td mesin cuci saya rusak, saya panggil tukang servis, saya dapat nomor hp nya dari lembaran iklan yg dia lempar ke rumah. kata tukang servisnya kapasitornya lemah harus diganti, harganya 375rb, karna saya gak tahu harganya, saya iyakan saja. ditambah biaya servis 45 rb, jd saya total baya 420rb.

    setelah buka link ini saya baru tahu kalo harga kapasitor cuma 25rb. saya langsung telpon tukang servisnya minta balikin uang. dia ngeles lg dijalan . pas saya telpon lg gak diangkat2.

    saya akan kejar terus. bila perlu saya lapor polisi.

    • Semoga pengalaman bisa jadikan pelajaran

    • teknisi service brarti jasa intinya meski tahu harganyapun klu gk bsa kerja sndiri ( bongkar,psang,cek analisa )sma aja bhong,intinya usaha bidang jsa itu DEAL or NOT ! untk yang pnya brang di service klu mrasa kmahalan,jgn di deal kan,klu blum faham apa2 , jangan sok pham.usaha jasa mmang bgtu!!!!!!!!!!!!!!
      dan untk si tukang service, cranya gk gtu bro.jgn bhongin planggan dgn harga yg mhal.mnding open mind,,, lngsung nembakin hrga skian rupiah brsih (alat dan ongkos krja) jdi tinggal planggan mrasa ok tau gk,intinya klu dia byar trima bersih.
      TRIMS,,,,,

  39. Assalamu’alaikum, mesin cuci saya 2 tabung, bagian pencucinya mendengung tapi begitu diputar dengan tangan sedikit saja bisa mutar. Kapasitornya 9 mikro farad, saya ganti tapi tetap saja mendengung seperti kasus diatas. Apa perlu saya tambah kapasitas kapasitornya ? Wa’alaikum salam

  40. Assalamu’alaikum, masin cuci saya 2 tabung, bagian pencucinya hanya mendengung ( kanan – kiri ) tidak bisa muter, tapi begitu diputer dengan tangan sedikit saja langsung muter. Sudah saya ganti kapasitornya ( 9 mikro farad) tapi tetap saja tidak bisa muter ( tetap seperti semula ). Apa perlu diperbesar kapasitas kapasitornya? Terimakasih, Wassalamu’alaikum

  41. Asllam’muallakum mau tanya nich mesin cuci saya merk sanken…….penggering saya timernya doanggan yg muter tapi dinamo bawahnya ga muter apanya ya gan…temikasih

    • periksa jalur kabelnya, sekring apakah putus, jika semua nampak tidak ada gangguan disana coba periksa putaran motornya apakah bisa diputar dengan tangan, pastikan sistem pengereman motor itu tidak berjalan (motor pengering akan di rem jika penutup pengering itu dibuka)

  42. mas mau nanya mesin cuci saya 2 tabung tuk pengering kapasitornya bagus tetapi motorannya panas trus putarannya pelan,kenapa ya ?

    • coba diputar dengan tangan, dan cek sistem pengereman motor pengering apakah dalam kondisi mengerem

  43. Mas saya mau tanya..
    Mesin cuci saya merek akari..
    Mesin cucinya kayak Susah berputar.. kalau di bantu putar pake tangan baru mau muter.. itupun gk terlalu kenceng
    Padahal padahal kapasitornya udah saya ganti.. (kapasitor saya kabelnya cuma 2.. padahal dua tabung)..trims mas
    Tolong di jawab…

    • Mesin cuci klo diputer dengan tangan baru mau mutar dan tidak kencang, untuk bagian pencuci memang tidak kuat sekuat putaran mesin pengering, coba bebannya dikurangi, isikan dengan air saja dan diputar. Sepertinya perlu di cek lagi kapasitornya apa benar dari awal menggunakan 1 kapasitor untuk dua motor pencuci serta penhering.

  44. mau nanya ukuran kapasitor asli 11+3uf sdgkn beli ditoko tdk ada apa bisa diganti dgn ukuran lain dan ukuran nya berapa jika diganti? mohon infonya mas terimakasih

  45. Mas bro mau tanya dong pengering saya mau muter jika tutupnya ditekan ,kalau saya angkat tangan saya tidak mau mutar kenapa ya???

    • Dalam tutup pengering itu jika dibuka akan ada rem motor pengering yg berfungsing (mengerem)
      perikasa bagian tersebut

  46. Saya mau tanya mesin cuci saya merk sharp, meain berdengung tetapi tidak berputar. Sudah saya ganti kapasitor dgn ukuran yang sama tetapi hasilnya sama saja. Saya coba gerakkan motor dgn tangan motor jalan. Yg saya tanyakan apakah motor mesin cuci saya rusak?

  47. Permisi.. Mesin cuci sy merk national 2 tabung. Pencucinya masih berfungsi normal, tp Pengeringnya dah ga mau berputar. Tabung pengeringnya klo dputar pake tangan putarannya lancar. Sy coba buka kapasitornya tertulis 8 uf + 4,2 uf. Sy dah kliling cari ga ada kapasitor ukuran segitu. Rata rata yg ada 10 uf + 5 uf. Apakah msin cuci sy kapasitornya yg hrus ganti..?? Trus klo ganti apakah bisa ukuran uf yg lain (yg tidak sama dgn aslinya).??

  48. assalam maf nich gan mesin cuci saya merk denpoo untuk pengeringnya tidak berputar sedangkan capasitornya cuma satu dan ukurannya 14+4uf saya cari2 tidak dapat2 bisa ga di ganti dgn ukuran yg lain……

  49. mau tanya mas,,, mesin cuci saya, Sanyo 2 tabung, tidak bisa muter, dinamo berdengung,, saya coba buka vanbelt setelah itu saya putar as dinamonya berat / seret sekali,, bagaimana cara memperbaikinya,, terima kasih..

    • tandanya itu motor dinamonya sudah bermasalah, ganti motornya atau jika masih memungkinkan diperbaiki ada yang macet di motornya tersebut.

  50. Saya punya mesin cuci 2 tabung, sempat mati. Trus diganti kapasitornya kembali nyala… Hanya yg ingin saya tanyakan, putaran dinamo pencuci hanya mao satu arah putaran. Bgitu putaran balik dia agak nahan dan mengeluarkan asap serta bau kabel kebakar. Langsung saya cabut kontaknya agar tdk korslet. Itu knp yah hanya mau satu putaran, dan putaran balik malah ketahan dan mengeluarkan asap?! Terimakasih atas jawaban nya…

  51. Gan mesin cuci ane ukuran kapasitor nya 14 uf dan 8 uf kalo ane ganti yg ukuran 12 uf dan 6 uf bisa berfungsi tidak gan mslhnya ane mau beli ukuran yg sama di toko tidak tersedia

  52. mas mesin cuci sarph saya jalannya cuma searah ,saja, ngak bolak balik lagi ,,apa yg rusaknya ya, biasa otomatis balak balik,,,mksh

    • Umumnya setiap beberapa detik bergantian ngontak berputar ke kiri dan berganti berputar kekanan. Jika berputar selalu kearah yang sama pasti ada ganguan dibagian tersebut.

  53. mas mesin cuci saya pakai kapasitor 9uf-5uf kalau mau ganti dengan kapasitor yang 10uf-5uf apa bisa atau mungkin ada solusi lain..mksh mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: