Menghitung Daya Listrik


Menghitung Daya Listrik

Saya punya cara tersendiri untuk menghitung daya listrik dari beberapa peralatan elektronik yang terpasang, caranya yaitu cukup menggunakan stopwatch dan kalkulator saja, simpel kan…!!. Stopwatch digunakan untuk menghitung waktu putaran piringan pada meteran listrik PLN. Mungkin cara ini tidak 100% benar tapi kalo membandingkannya dengan daya yang tertera pada peralatan elektronik tersebut nilainya hampir sama.

Di meteran Listrik PLN ada keping piringan yang berputar, biasanya di meteran itu ada tulisan 1200 putaran/1KW. Artinya dalam 1200 putaran itu menghasilkan daya 1000 Watt. Langkah yang perlu dilakukan yaitu mengukur waktu yang dibutuhkan piringan itu dalam satu putaran dengan menggunakan stopwatch.

Misalnya ; waktu yang di butuhkan piringan itu berputar satu kali yaitu 6 detik, maka :

{3600 s : 6 s} x { 1000 watt : 1200 put } = 500 Watt

Jadi artinya dalam satu jam pemakaian listrik maka akan memakan daya sebesar 500 watt.

Kalo mau membuktikannya silahkan, pertama-tama cukup nyalakan satu buah barang elektronik saja misalnya TV (peralatan yang lainnya di matikan dan kalo perlu di cabut dari stekernya), di belakang TV biasanya tertera daya listriknya, setelah itu ukur deh waktu putaran piringan di meteran Listrik PLN lalu kalkulasi mengunakan rumus diatas, dan lihat hasilnya sama tidak dengan daya yang tertulis di TV.

Untuk membantu dalam mengetahui konversi satuan dalam daya atau energy dan lain-lain dapat di download file “Convert” Dan untuk memahami Teori Dasar Listrik pelajari file berikut ini.

Dapatkan Booklet Hemat Listrik di Rumah dan Kantor sebagai solusi dalam menghemat pemakaian energy listrik.

—***Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat***—

About these ads

178 Tanggapan

  1. mas kalo seumpama dimeterannya terdapat CT= current transformer…seperti yg di industri,
    karena arus yg mengalir pada industri terlalu besar maka di turunkan untuk pengukuranya menjadi i max. nominal 5 ampere.
    gimana cara hitungnya…thank’s

  2. maksud gimana sih…!!saya belum pernah melihat meteran listrik di pabrik jadi tidak tahu…mungkin caranya bisa sama seperti saya atau untuk arus yg besar seperti di pabrik bisa menggunakan tang amper lebih mudah.

    • maksudnya yang sampen hitung penggunaan daya pada penggunaan beban rumah tangga,lain halnya klo yang dibahas penggunaan beban industri dimana beban dihitung tidak hanya pada cost biaya tetapi juga safety pada equiment dimana beraker sebagai pembatas arus yang diperbolehkan…
      intinya beda konsumen beda perhitungan walaupun konsep dasar hitungan sama

  3. saya punya warnet denag kapasitas daya 2200va dipakai untuk:

    1. 15 komputer stiap komputr {cpu 450w monitor 75W}
    2. kulkas 2
    pompa air 1
    yng saya tanyakan knapa Mcb nya sering turun
    apakah kelebihan beban atau mcbnya jelek
    terimaklasih

  4. cara ngitung daya listrik 1 phasa :
    P = Daya aktif
    V = Tegangan
    I = Arus listrik

    P= V x I x Cos phi

    Cos phi = factor daya, dari PLN 0,85 udah top banget , ideal = 1, nyampe di rumah – rumah +/- 0,7 udah top dech, kalau mau detail ukur aje dengan cos phi meter

    contoh : kalau kita punya TV 14″, dayanya = 65 W, truss pompa = 350 w, lampu neon ada 10 @10w = 100w
    jadi Total beban = 65 + 350 +100 = 515 watt (artinya pemakaian bebannya = 515 watt), truss tegangan kan nga berubah = 220 V, jadi arus listriknya I = P/V x cos phi = 515/220 x 0,7 = 3,34 A artinya MCB pake yg 4 Ampere
    (3,34 dibulatkan jadi 4 krn mcb nga ada yg 3,34 A)

    jadi temen 2x kalau mau MCB nga turun-turun itung dulu Beban daya listriknya baru pake dech cara diatas untuk cari MCB berapa yg mau di pake…..gitu aje !

    Thank’s

    • FORUM SPT INI SANGAT BERMANFAAT..
      Terutama buat sy yg emang gi mau belajar tentang dunia kelistrikan, tapi kurang modal u/ khursus / training lebih2 Akademis.
      Saya dpt pembelajaran geratis lewat bahasan2 & tanya jawab diforum ini. jujur aja, ini sdh menjadi tuntutan hidup buat saya pak..mas/ato abang (by informan) meningkatkan sdm sy sendiri..besar manfaatnya buat sy & kita semua. amin

      NB: Kapan2 diurai lagi cara ngitung daya listrik u/ yg 3 phasa ya pak :) ditunggu..

      wass, dan terimakasih
      dino_gisanarta@yahoo.co.id

    • Saya punya tv yg wattnya tertulis 85watt, yg saya tanyakan pencapaian 85watt itu makan waktu berapa lama? Mohon jawabnya ….

    • Saya punya aki 12v 100amper saya hidupkan tv dg daya 85watt memakai inverter…..berapakah lama waktu tv itu bisa bertahan hidup? Mohon jawabnya?

      • Jika masih bagus kondisi AKI tersebut (100% OK) artinya aki tersebut menyimpan daya sebesar 1200Watt.
        Daya tertulis di TV 85 Watt ( maksimal power TV) artinya pemakaian bisa di bawah 85Watt.
        Inverter ada lost energy juga disana, jadi tinggal dibagi saja 1200/85 maka kemungkinan bisa bertahan 13-14 jam (utk kondisi normal)

  5. bagaimana cara menghitung daya yang diperlukan dalam suatu bangunan..
    instalasinya udh ada, cuma yang saya ingin tahu adalah berapa daya yang akan dibutuhkan dalam perencanaan suatu bangunan.
    Terima kasih

    • Saya jawab sederhananya aja, pertama coba hitung berapa banyak lampu yang terpasang, berapa banyak perabotan elektronik yang digunakan hitung masing2 daya pada tiap2 alat terutama peralatan yang selalu hidup seperti kulkas dan lain2, dan setelah itu tinggal didapat perkiraan daya.
      Mudah2 ngebantu.
      TQ.

  6. mau tanya donk mas… katanya listrik kamar kostku 500 watt… trus saya punya pc yg psunya 500w nah trus ada monitor crt g tau brapa watt sama speaker… nah klo nyalain stabilizer yg nyambung sama cpu kadang suka turun2.. trus klo misal saya colok dispenser sementara pc nyala gpp??? atau harus bagaimana??

  7. Dear bro,
    terima kasih ya.

  8. Saya ingin menghitung daya yang saya butuhkan untuk warnet saya dengan cara di atas, yang saya tanyakan berapa sebenarnya daya yang dibutuhkan CPU yang di power suplay nya tertulis 450W. berapa daya monitor LCD 15″. terimakasih berat atas jawabannya.

    • Bisa!!
      Coba anda hidupkan satu komputer lalu perlatan listrik yang lain matikan dan lakukan langkah-langkah di atas, kalau perkiraan saya CPU itu dayanya sekitar 50-60 watt dan LCD itu sekitar 50-60 juga, LCD lebih efisien dibandingkan monitor biasa, kira daya untuk CPU dan LCD tersebut 100-120 watt. Coba buktikan saja. Di Power suplai tertulis 450 W artinya power suplay itu bisa dipakai daya sampai 450 Watt bukan konsumsi dayanya, kalau tulisan di belakang LCD biasanya ada itu baru daya dari LCD itu pada saat ON. Tidak masalah power LCD diambil dari power suplai CPU ada beberapa power suplay yang ada konektornya, jadi kabel tidak terlalu panjang. Saran saya untuk warnet buat settingan komputer itu untuk standby baik monitor dan CPU supaya efisien dalam listriknya.

  9. mas mw nanya cara menghitung daya 3 phasa,langkah2nya gmn??

    thanks sebelumnya

    • maaf saya belum pernah mencobanya, saya kira bisa juga dengan menghitung dengan cara seperti diatas pada meterannya, saya pernah mengatur daya listrik kantor yg 3 phasa juga.

  10. thanks ya….

  11. kalau ada tv + PS 8 unit,,kita harus pasang listrik brapa ya..??

    • 1. TV na berapa inchi dan daya na berapa watt? (X)
      2. Daya satu unit ps berapa watt? (Y)

      jadi nilai (x+Y)dikali 8, kemudiandi dapat nilai daya keseluruhan na, abis itu lo bagi 0,7 dah.

      thanx

      • Tq. mas Freddy telah membantu mudah-mudahan “Fid” dan yang lain bisa mengerti. :-) Saya rasa untu itu saja daya 1300 watt sudah cukup dan bisa untuk yang lain pula

  12. trimakasih mas fredy ama mas azzy

  13. Kalau untuk warnet dengan 35 pc + monitor lcd 22″ ditambah 4 AC dan 1 kulkas. Kira2 perlu berapa besar ya pasang dayanya?

  14. berapa beban yang bisa di terima oleh masing masing MCB sebagai berikut :

    1. MCB 10 A
    2. MCB 16 A
    3. MCB 20 A

    trim atas kerjasamanya

    • Untuk mengetahui beban yang dapat di tanggung MCB 10 A adalah 10A x 220V = 2.200 VA jadi sekitar 2.200 watt lewat dari itu maka MCB akan terputus, jadi untuk MCB 16 A adalah 3.520 VA dan MCB 20 A adalah 4.400 VA.

      Terima Kasih

  15. Tanya dong Mas ,

    1. Kalo saya punya data Kompressor 3 phase dgn data 15 Amper, Tegangan 380 Vol 50 HZ.

    2. Komputer+Monitor dgn daya ( 450 watt + 150 Watt)

    3. 4buah lampu x 75 Watt .

    Berapa total Daya listrik yang di perlukan ?… untuk di minta ke PLN?.. tQ atas jawabanya

  16. Tanya dong mas

    Kalau 9 cpu + 8 monitor LCD + 1 Monitor CRT
    1 kulkas 2 pintu
    1 AC 1 PK
    1 bh TV 29 inch

    Perlu daya berapa watt ya?

  17. Mas sy punya motor pompa 3Phase 11KW, berapa KVar yang harus saya pasang? Mohon bantuannya…

    • 22000 bisanya 3 phasa

      • mcb nya berapa ampere mas,,sya baru pasang 11kw mcb nya 25 ampere,,tapi ngetrip trus mcb nya itu kenapa ya hub nya star delta,,klo yg 7,5 kw saya pasang mcb nya sya pasang 16 A and ga masalah,,apa hitungan sya salah ya,,mohon di bantu mas….tks

      • Daya sebesar itu dipakai untuk apa, mungkin kebutuhannya lebih dari 11kw.
        Sebaiknya pakai MCB yang lebih dari 25A

  18. klo listrik saya sekarang 7700 brapa jumlah daya(watt) maksimum yang mampu dikeluarkan??
    trims

  19. ikut nimbrung teman2… ^_^

    to henry : klu peralatan listrik km resistif murni, bisa sampai 7700 watt tp itu tidak mungkin krn ada faktor lain yg mempengaruhi seperti cos phi.
    jika kita asumsikan cos phi = 0.8 (user perumahan)
    maka daya maksimumnya hanya sekitar = 6160 watt

    salam kenal n thx all….

  20. Mas Azzy, Ali mo nanya .
    1. jika kabel NYM 3 x 4 SPLN 42 dijadikan jalur untuk 12 komputer yang jalan terus (total 6kW) apa kah kabelnya kelebihan beban ?

    2. pada sebuah kabel yang dialiri listrik 220 V AC yang dibagikan 3 komputer @ 440 W (jadi 2 A jika salah harap maklum, Mas).
    Cara menghitung arus yang melalui kabel itu apakah ditotal jadi 6 A / tetap 2 A ?

    Terima kasih banyak Mas Azzy. Di mohon petunjuknya :)

  21. kantor saya pnya alat menghasilkan daya 16kWh. dgn asumsi setiap hari 10jam bekerja,brapa rupiah yg harus dbayarkan stiap bulanya?

    • Maksudnya gimana pak Benny, kantor punya Generator 16kWh!! Generator hidup 10 jam perhari…!!!maksud dr “berapa rupiah yg harus di bayarkan setiap bulannya?”
      Memang generator itu dipakai untuk apa di kantornya?

    • ikut nimbrung ya

      kalo saya tdk salah, misalnya di kantor pak benny menggunakan alat elektronik hingga mencapai 16 kWh setiap hari, dgn asumsi saya 1kWh adalah Rp., 681,- maka besarnya biaya yg harus bapak bayar adalah :

      pemakaian listrik = 16 kWh x Rp.681,- x 10 jam x 30 hari = Rp. 3.268.800 / bulan

  22. Klo untuk perhitungan listrik 3 phase = arus x volt x cos phi x akar 3.
    Akar 3 didpt dr perbedaan antara 1 phase dan 3 phase.
    Semoga bermanfaat.

  23. Utk menghitung 3 phase bisa kasih contoh mas Chacha ?

  24. mau tanya mas,
    Rumah saya berdaya 900 watt.
    Mcb di instalasi sudah terpasang 4 ampere,
    Berapa ampere sekering yg harus saya pasang pada instalasi di dalam rumah?
    Apakah aman pasang sekering sama 4 ampere didalam rumah?
    Karena menurut hitung2an memang seharusnya sekering dipasang 4 ampere, tetapi instalasi pln sudah terpasang 4 ampere.
    Terimakasih jawabanya

    • Didalam di pasang total 4 amper juga ga masalah untuk pengaman keseluruhan sistim di dalam, atau bisa juga diatur beberapa titik pembagiannya dengan amper yg kecil untuk pengaman misalnya kamar 1 (2amper), kamar 2 (2 amper) , lainnya (4 amper) atau terserah disainnya.
      Supaya memudahkan pula mencari masalah bila terjadi konsleting dengan melihat MCB mana yang turun.
      Mudah-mudahan bermanfaat.
      Terima Kasih

  25. Bagus nih jd pelajaran. kalo dibandingin blajar disklh
    mendingan belajar sama mas azzy, simple tapi padat
    thank’s v’much

  26. Mau tanya nih mas,
    listrik di rumah saya bertegangan 2200 va, dengen sekering MCB merk Sneichder yang terpasang sebanyak 7 buah.
    5 buah masing-masing berukuran C10 (10 A), 1 buah berukuran C6 (6 A) dan 1 buah berukuran C16 (16 A)
    yang ingin saya tanyakan :
    Kenapa pada malam hari/dini hari saat pemakaian listrik tidak banyak, sekering yang C6 (6 A) selalu turun ?
    apakah ada kesalahan pemasangan sekering ?
    terima kasih atas jawabannya

    • Bapak coba di data tiap2 MCB pakai apa saja, saya rasa kebanyakan menggunakan 7 MCB.
      Ada yg 16 A (gak efektip, maksimal 10 ampere).
      Sekering yg 6A ini tolong di cek dipakai untuk apa saja itu, nanti bisa di ketahui bebannya, kalo sudah lemah kadang bisa turun atau ada yang ga normal di jaringan sekering itu.
      Mudah-mudahan ada pencerahan.

      Terima kasih

  27. Mas mau tanya sedikit ?. Kalau daya yang terpasang dari PLN 3500 16 A kemudian kita pecah menjadi 2 MCB yang satu ke rumah( rencana 4 A) dan satu lagi ke warnet (rencana 10 A), dari MCB 10 A ke warnet dipecah lagi ke 12 PC, Mas untuk kira2 mcb berapa A yg cocok untuk 12 pc ?
    Sebelumnya Terima Kasih

    • Kalo bisa hemat penggunaan listrik di warnet (monitor LCD-lebih hemat), 10 A untuk 12 PC tidak perlu dibagi lagi.
      Lakukan tes awal hidupkan semua peralatan warnet, apakah kuat dengan daya 10 A.

  28. salam kenal Mas Azzy,

    mau nanya dikit.
    dalam kamar kost saya pakai 1 PC, 1LCD monitor, TV 14″, Lemari es 1 pintu yg kecil, dan 1 AC.

    beberapa minggu ini saya rasa ada yg ga beres dgn jaringan listriknya, karena komputer saya jadi restart2. saya test tegangan di stopkontak, terbaca 200V pake multitester.

    saya test pindahin komputer ke kamar temen di sebelah hasilnya masih bisa nyala normal.

    kondisi di kost saya untuk tiap kamar diberi MCB sendiri2 (6A)

    ada saran??

    • Tes tegangan tanpa ada peralatan hidup/terpasang, jangan selalu charger hp ke stop kontak.
      Hidupkan komputer sendiri tanpa peralatan lain, cek stop kontak dengan tespen kalo dikedua lubang tespen hidup artinya ada masalah di instalasinya, dan hati2 menggunakan kabel roll yang dibeli banyak membuat masalah, lebih baik bikin kabel sendiri.

      Semoga ada manfaatnya

  29. Mas, mau nanya nich,
    saya kan baru beli rumah, tertulis daya listriknya 1300va, kemaren saya menggunakan lampu+kipas ( 135w), +TV (75) + Kulkas (105w) + setrika (330w) + Pompa air (350w). klo ditotalkan 995w koq listriknya turun y. padahal AC (1/2PK) sdh mati.
    apa cara hitungan saya salah y, semua ditambahkan, atau dayanya yg salah bukan 1300va?
    Mohon Pencerahannya ya.
    Sebelumnya Terimakasih

    • Seharusnya tidak turun kalau semuanya hidup bersamaan, mungkin ada yg lain hidup seperti dispenser, rice cooker.
      Kadang MCB yang sudah berumur kemampuannya sudah menurun bisa jadi itu juga.
      Hindari pemakaian secara bersamaan dari alat yang membutuhkan listrik besar, dan gunakan listrik seperlunya.
      Terima Kasih
      Mudah2an ada manfaatnya.

      • terima kasih mas atas penerangannya, tp hanya itu aja koq mas peralatan listrik yg nyala saat itu. Meterannya kan udah elektrik, yg pake token karena pemasangan baru Oktober 2010. mas apa saya minta tlg orang PLN untuk mengecek y, takutnya di daftar 1300va tp asliny cuman 900va (mungkin gk y?) soalnya, sering turun. mohon info, klo pengecekan ke PLN hub no brp y mas. Terima kasih sebelumny.

      • Listrik Prabayar ya, Lihat di MCB kalau tertulis ada angka 6 atau (C6) itu maksudnya 6A artinya 1300VA daya yang terpasang dan apakah ada MCB juga yg terpasang didalam rumah lihat juga nilainya dan yang turun itu MCB di meteran atau di dalam rumah.
        Kalau masih baru sepertinya sudah mendekati benar semua memang di tambahkan mungkin kurang tepat perhitungan daya masing2 peralatan itu, kalau mau yakin gunakan tang amper.
        Solusi yang terbaik jgn gunakan peralatan secara bersamaan, atur pendingin kulkas secukupnya dan gunakan kulkas yg hemat energy (kulkas sedang).
        Untuk menghubungi PLN call center “123″ rasanya tidak perlu hubungi PLN kalau bukan kesalahan di PLN

  30. ingin bertanya maksud spek di MCM ada yg tulisan C6 apa yah?>????

  31. mksd sya MCB yg type C6
    tolong beri penjelasan mksd dari iru dan type2 lainnya…

  32. tetapi saya liat diMCB,,
    ada tipe
    A
    B
    C
    D
    yang saya maksud itu…
    dan setelah alfabet trsbt selalu ada angka sporti 6 dan 25….

  33. bila daya yang terpasang 2a.berapa maximal ampere yang aman untuk di pasang dalam rumah?

  34. Mas mau tanya neh ? Kalau daya yang terpasang dari PLN 2200 16 A kemudian saya pecah menjadi 2 MCB, kira2 mcb berapa A yg cocok dan efektif untuk masing-masingnya ? Apakah 10 A masing2 atau 16 A juga masing2? Terima Kasih

    • Kalau mau membagi amper tersebut silahkan menentukan sendiri sesuai penggunaan dan keamanan.
      Ya terpenting bukan lebih besar dari MCB yg di Standart Meteran listriknya, kalau daya yang terpasang 2200 berarti MCB di meteran yaitu 10A.
      jadi maksimal 10A juga yang terpasang pada cabang bukan 16A.

    • 10 A aja

  35. Saya punya warnet dengan daya listrik prabayar 1300 W, 5 PC client+1 PC server (monitor LCD 15″), beserta stavol 2000 VA.
    Di sebelahnya juga ada rental PS dengan daya listrik prabayar 1300 W, 4 bh PS+TV 21″, 2 bh XBOX360+LCD 32″+1 Kulkas.
    Kenapa PC warnet sering restart sendiri walaupun yang hidup cuma 3 PC, sedangkan stavolt pas itu bunyi “kreeekk…”, seperti turun voltase?
    Kadang juga kalau PS hidup di rental sebelah, PC warnet saya restart sendiri juga dan stavolt bunyi “kreeek…”, apakah berhubungan antara listrik di warnet dengan rental PS, padahal meterannya beda?

  36. Mas daya ditempat sya 900 watt, tpi klu dipake utk tv 29 inch + playstation 3 (1 unit) + pompa air (350 w) + kulkas (75 w) selalu turun, pdhal sya pke mcb 10 A, apa mmg dya ampere nya hrus ditmbah atau krn hal lain? skdar info utk daya ps3 sya sndiri blm tau brp konsumsi listriknya, mhon bntuan infonya mas, thx sblmnya.

    • Kalau 900 watt MCB yang terpasang di PLN 4 A, jadi kalau ada MCB setelah dari meteran PLN terpasang 10 Amper tidak efektif, minimal yang terpasang di jaringan rumah sama 4 A untuk pengaman konsleting listrik. Supaya tidak sering turun gunakan listrik bergantian terutama pompa air jangan terlalu sering hidup-mati. PS itu tidak besar dayanya yang paling besar pompa air. Sebaiknya jangan dulu menambah daya.

  37. Numpang nimbrung neh, mo tnya, kalo utk daya listrik rumah yg 900 watt apa bisa pake MCB diatas 10 Ampere ? spt 16 A atau 20 A. thx buat pngetahuannya mas

    • Bisa tp kurang efektif, seharusnya sama ukuran MCBnya dengan Meteran di PLN yaitu 4 A utk 900 watt.

  38. Berapa harga Automatic Power Startingnya

  39. Jawaban Simple dan mudah dimengerti…terimakasih mas

  40. saya mempuanya warnet 12 PC , 11 monitor lcd 18,5 in..kulkas 1 hidup..pada awal nya lancar..tapi lama kelamaan mcb nya sering jatuh,dah saya cek mcb nya terasa panas sekali..apakah jatuh nya karena mcb yg panas.mhon pencerahan

  41. gan tlg infonya, saya ada kost2x an dgn jmlah kamr 10. tegangan yg saya pakai 2200 watt. ini rencananya ma saya bagi. Bagsnya perkamar ato bagaimana nih gan. Satu lagi nih , di rmah saya baru ganti MCB merk merlin gerin schneider . Itu mengelarkan bunyi (bzzz), it masalahh ga gan. ?

    trims a

    • Sebenarnya terserah anda, lebih baik mengajarkan tiap kamar itu untuk menghemat listrik yang harganya semakin mahal. Dispenser, TV, pemanas & penanak nasi paling bisa ada di kamar kos.
      Kalau punya ruang bersama di kos-kosan itu sangat bagus untuk kebersamaan mereka dan bisa memanfaatkan peralatan secara bersamaan, kalo seperti ini keadaannya untuk keamanan dan kenyamanan bisa di coba tiap satu MCB 6 A untuk 5 kamar dan di ruang bersama bisa di kasih MCB 4 A. Ilustrasinya: 2200VA dibagi 3 MCBMCB 6A (5 Kamar), MCB 6A (5 Kamar) dan MCB 4A (ruang bersama).takutnya
      Atau terserah anda di sesuaikan perencanaan, kalo tidak di bagi takutnya pemakaian listriknya tidak terkontrol dan akan tinggi.
      Mudah-mudahan bisa dipahami.

      Terima kasih

    • Untuk masalh bunyi, coba di cek sambungan ke MCB pastikan kuat ( dilepas dan pasang lagi), kalau bukan dari sambungan yang kurang bagus, untuk aman ganti dengan yang lain.

  42. terima kasih atas pencerahannya, smoga dapat berguna.

  43. coba dihitung lagi, bener gak tuch jumlah hitungan rumus nya, gak ketemu brooo………

  44. Mas, kalau mesin foto copy per Unit berapa daya listrik harus dibutuhkan? soalnya dalam rumah sudah ada 2 kulkas keluarga dan komputer 7 Unit memakai layar LCD sementara daya listrik yang sudah terpasang 1300 watt.

    • klo mesin potocopy i2 memerlukan tegangan 1600 watt waktu akan ready n klo udah standby skitar 600-800 watt

  45. mas nanya dunk,saya ngekost dirumah yang dijadikan kostan,cuma ada 2 pintu buat dikossin…daya llistrik rumah tersebut 1300watt,kost disebelah saya blm memakai peralatan elektronik,hanya lampu saja sedangkan yang punya kost saya tidak tahu punya apa saja, misalnya yang punya kost punya kulkas,tv,mesin cuci dan air jetpump,sedangkan saya berencana membeli 1 pc+monitor untuk bermain game dengan kartu grafis yang lmyn memakan daya(saya kurang tahu berapa watt yang dipakai )kira2 cukup tidak dengan 1300watt tersebut dan mungkin pada malam ada sekitar 10 lampu yang menyala

    • Sepertinya tidak masalah kalau tambah PC (CPU + LCD monitor dayanya kira2 100 -130watt) aman itu 1300watt sudah lumayan besar.

  46. mo tanya gan… klo 10 pasang + dispenser ma kulkas berapa kira” daya yang dibutuhkan???? thanks atas jawabannya
    dan semoga membantu saya

  47. Thank’s mas Bro,cukup bermanfaat ilmu’a..

  48. mo tanya mas, listrik d tempat saya 2200 VA (Meteran Pra Bayar). Digunakan buat ngidupin vacum 1200 W (Kenyataan kalau saya cek daya sesaat vacum lewat meteran mencapai 1580 W) alhasil listriknya terputus secara otomatis dari Meteran Digital (Ada Pesan “Daya Lebih”) bukan dari MCB. Apakah wajar mas? Apa ada solusi buat nurunkan konsumsi daya vacum baik berupa rangkaian elektronik atau ada tips lain walaupun harus menurunkan kinerja vacum?thx.

    • Hampir semua peralatan elektronik pada start awal (Daya sesaat) pemakaian listriknya lebih tinggi. Klo terputus secara otomatis dari meteran saya kurang tahu, mungkin sisa Kwh listriknya sudah sedikit.

  49. mas?! aqw ada rumah dua lantai dgan daya 1300va, kalau aku bagi dua grup untuk lantai1 mcb 6a dan lantai2 mcb 6a jg gmna mas?.. efesien ga?… mohon pencerahannya mas mas…. mksh

    • Untuk memudahkan bagus itu, jd klo ada masalah listrik di lantai atas atau bawah mudah di lacak. Ga ada pengaruhnya untuk efisien, tinggal cara kebiasaan kita saja yang perlu diperhatikan ini juga untuk keselamatan pulan nantinya, gunakan seperlunya dan matikan jika tidak digunakan (kebiasaan Charger HP selalu nempel) dan gunakan peralatan elektronik yang hemat energy.

  50. mas, rumah saya memakai golongan tarif R1 daya 1300va, selama ini tagihan rekening listrik selalu di kisaran 500rb, saya berencana menurunkan daya menjadi 900va dan mengganti menjadi meteran pra bayar, apakah cara ini bisa menghemat tagihan listrik saya? di rumah saya memakai: 1 unit AC 1/2pk, kulkas 1pintu, 1 unit tv tabung 29″, pompa air, 1 unit komputer, 1 unit rice cooker, apakah dengan daya 900va cukup untuk menjalankan semua peralatan ini? terima kasih sebelumnya mas..

    • Solusinya yg terbaik lakukan penghematan saja tidak perlu diturunkan, kalau diturunkan akan banyak masalah nantinya sering kekurangan daya pada malam harinya.
      Gunakan tangki penyimpanan Air supaya pompa tidak ON-OFF terus, sangat boros jika seperti itu. Dan sebaiknya jangan isi tanki pada malam hari.

      • terima kasih atas info nya mas, berarti saya tidak perlu untuk turunkan daya ya.. utk efisiensi di pompa air saya harus bangun tangki penyimpanan air ya.. hhmmm… dengan mengganti tv tabung menjadi tv LCD, atau memakai AC yang hemat energi, apakah cukup berpengaruh untuk efisiensi jg?

  51. Salut atas usaha anda, and trimakasih telah berbagi ilmu yg bermanfaat

  52. sy nanya:

    1. blh gak pln 450w dipasang stabiliser 1000w(dibebani 900w)?

    2. Brp daya yg dipaki oleh stabiliser 1000w ?

    • Saya kurang paham maksudnya, setahu saya stabiliser itu untuk menstabilkan tegangan (voltase) yg suka naik turun, maksud 1000W di stabiliser itu menunjukan kapasitas maksimal yang mampu di lewati stabiliser itu 1000W, jadi klo 450W tidak masalah.

  53. Wah… Mantap neh…
    Saya baru tau kalau ada variabel Cos Phi di perhitungan daya, dengan nilai normal 0,7

    Tapi bener nggak pemahaman gw ini:
    Daya listrik dirumah 1300 Watt, dengan asumsi 220V dan MCB 6A.
    Jadi 220 * 6 = 1320 (~1300).

    Akan tetapi dengan variabel Cos phi ini, maka daya listrik dirumah saya adalah:
    220 * 6 * 0,7 = 924 (~900)

    Berarti gw ditipu dong ma PLN, karena mengatakan bahwa daya listrik dirumah adalah 1300.

    Karena yg selama ini, gw ngerasa listrik gw nggak nyampe 1100 Watt.

    Mohon pencerahannya gan…

  54. Gan, sya ada 1 rumah dg 7 kamar rencananya mau dibuat kost. gmna caranya membagi listrik utk setiap kamar agar bsa dibatasi pemakaiannya? alat apa yg perlu sya gunakan dan cara pemasangannya?
    trims

    • Sebenarnya ada banyak cara. (Sesuai dengan keadaan ditempat)
      Klo rumah itu khusus di sewakan tanpa ada pemiliknya di dlmnya, sediakan saja daya 900VA atau 1200VA untuk satu rumah tersebut, dengan kosekuensi alat elektronik yang bisa digunakan bersama ada diruang bersama, dan pemakaian listrik nanti ditanggung sesuai dengan kesepakatan mereka ber-7, ini sudah cukup untuk menghemat. Dan pemilik rumah ga di pusingkan dengan listrik rumah sewanya.
      Tapi klo pemilik rumah ada bersama, tiap kamar kasih pembatas listrik sebesar 2A (MCB 2A) itu sangat cukup.

  55. Saya mau nanya :
    PLN saya daya 2200 , setelah PLN saya memakai MCB dan pecah menjadi 2 bagian : lantai 1 ada 8 bh dgn type C10 , C16 , C20 dan lantai 2 ada 6 bh dgn type C10,C16,C32,C45 . Pada saat MCB lantai 1 rusak diurutan pertama , saya menggantinya dgn C10 (saya suruh tukang ac menggantinya) karena menurut toko itu utk listrik 2200 , saya tdk tahu brp type yg rusak (sudah dibuang) , setelah diganti sering lompat , dan akhirnya ada panggil tukang rumah ,menurut tukang ada konslet. tukang ada rubah arus , jadi dikaitkan ke C20 Lt 1 urutan terakhir , itu utk Lantai atas, setelah itu masih bisa lompat sekali-kali. lompat di C20 Lt 1 urutan terakhir dan MCB pln. Dan suatu malam tv diatas terbakar. Dan posisi sekarang msh bisa lompat. Apakah masalahnya saya mesti ganti semua MCB dgn type C10.Saya dah telp PLN (123) , PLN sudah datang dan cuma bilang gak ada masalah karena MCB PLN tdk panas. Kira-kira apa masalahnya , mohon saran.

    • Pertama: C10 memang biasanya menunjukan 10A (2200VA), C12 dan seterusnya menunjukan 12A dan seterusnya.
      Kedua : seharusnya MCB yg terpasang tiap lantai tidak lebih dari 10A untuk keamanan dari konslet dipasang lebih rendah sesuai dengan kebutuhan jalur tersebut misalnya 4A / 6A.
      Ketiga: Sebaiknya punya data penjelasan pada kotak MCB tersebut, urutan pertama (MCB no.1) dipakai apa saja sampai urutan terakhir, ini untuk memudahkan mencari jejak bila sering turun atau adanya konsleting listrik.

      Sebaiknya cari orang yg mengerti untuk memperbaiki instalisi didalam rumah, kalau petugas PLN hanya bertanggung jawab mengecek sampai keluar arus listrik dari Meteran Listrik.

      Semoga bermanfaat

  56. Nah ini dia yg di cari, hiks pusing sm listrik di warnet yg tiba-tiba MCB nya turun tanpa sebab menjelang magrib, tadi nya berjalan Lancar jaya selama setahun ini.. lalu yg mau saya tanyakan adalah apa penyebab tiba-tiba MCB meteran Listrik saya turun terus, lalu selang 15 menit saya diam kan mati, kemudian saya nyalakan lagi dan semua berjalan lancar jaya.. mohon pencerahan nya dunk om senior semua..

    Listrik saya 2200 Watt
    Keperluan Untuk Warnet
    - Jumlah PC 11 + Monitor LCD LG (Cpu 450w monitor 75W)
    - Kulkas Slim 1 pintu “Sanyo”
    - Lampu Philips 14 Watt, 4 Buah
    - Kipas Angin 16 Inc, 2buah.

    kira-kira apa yg salah yah dengan MCB nya…
    knapa Mcb nya jd sering turun
    apakah kelebihan beban atau mcbnya jelek
    saat ini MCB lama nya merek MeiLan RiLan
    dan berbunyi berisik saat PC user aktif full

    Mohon Pencerahan nya..

    terimaklasih

    • Coba cari soket listrik yang terdapat panas, hati-hati dan perikasa kabel roll (yang memiliki indikator lampu) sering banyak masalah, sebaiknya bikin kabel gulung sendiri.

  57. Perhitungan Biaya Beban Listrik
    1 Lampu Penerangan
    2 x 23 watt X 8 jam = 368 watt = 0.368 KWh/ hari
    2 Kipas Angin
    2 x 55 watt X 8 jam = 880 Watt = 0.88 KWh/ hari
    3 Monitor Komputer 5 buah
    5 x 24 watt x 11 jam = 1320 Watt = 1.32 KWh/ Hari
    4 Kulkas
    1 x 170 watt x 15 jam = 2550 Watt = 2.55 KWh/ Hari
    5 Access Point
    1 x 5.4 watt x 11 jam = 59.4 Watt = 0.0594 KWh/ Hari
    6 Mikrotik
    1 x 6 watt x 11 jam = 66 Watt = 0.066 KWh/ Hari
    7 Switch
    1 x 5.4 watt x 11 jam = 59.4 Watt = 0.0594 KWh/ Hari
    8 Printer
    1 x 24 watt x 6 jam = 144 Watt = 0.144 KWh/ Hari
    9 UPS
    5 x 100 watt x 11 jam = 5500 Watt = 5.5 KWh/ Hari
    10 Modem
    1 x 6 watt x 11 jam = 66 Watt = 0.066 KWh/ Hari

    saya menghitung total semua daya yang terpakai = 368 +880 + 1320 + 2550 + 59.4 + 66 + 59.4 + 144 + 5500 + 66 = 11.013 Watt

    1. Apakah benar cara perhitungan saya seperti itu.
    2. kalo dayanya 11013 watt MCB yang berapa ampere dipake dihubungkan dengan rumus P = V. I Cos Q..
    terima kasih.

    MCB yang kita pakai berapa..trims..

    • Perhitungan itu untuk menghitung secara kasar pemakaain listrik dalam sehari.
      Kalau untuk pemakaian MCB yang berapa Ampere bukan seperti itu, berapa banyak peralatan listrik yang hidup secara bersamaan, bisa di hitung secara kasar pula kebutuhan dayanya.
      Misal Monitor Komputer 5 buah (24watt) 5 x 24 = 120watt, kulkas 170 watt, lampu hemat energy 2 x 23watt = 46 Watt
      Lalu dijumlahkan 120 + 170 + 46 +….+…..+…. = berapa totalnya
      MCB 2 A = dayanya kurang lebih 440 watt (Daya PLN 450VA)
      MCB 4 A = dayanya kurang lebih 880 watt (Daya PLN 900VA)
      MCB 6 A = dayanya kurang lebih 1320 watt (Daya PLN 1300VA)
      Ref : 2A x 220volt = 440VA (440 watt)

      Semoga bermanfaat.

  58. Saya mau tanya, sepengetahuan anda hemat manakah listrik pasca bayar dengan prabayar (token), rencana mau migrasi ke Prabayar cuma masih ragu.
    Selama ini saya memakai 900VA untuk konsumsi warnet 5 unit + monitor tabung 20Inc, printer 3 unit, mesin fotokopi Canon NP6050 (jarang hidup karna lagi sepi), mesin laminating (seperlunya) magic jar dan magic kom, lampu Neon total 150Watt Rata2 perbulan Rp. 120.000, menurut anda apakah dengan migrasi ke Prabayar dengan pemakaian yang sama seperti diatas dengan tidak menaikkan daya (tetap 900VA) kira2 lebih hemat Prabayar atau yang Pascabayar.
    Mohon sebagai bahan pertimbangan saya, menurut pengalaman yang pernah anda ketahui disekitar anda yang sudah menggunakan prabayar.
    Mohon segera dijawab.
    Sebelumnya saya ucapkan ribuan terima kasih.

    • Paling hemat listrik pasca bayar, seharusnya memang prabayar lebih murah tapi ternyata tidak.
      Siasati lampu neon dengan lampu Hemat Energy, klo lampu neon yang masih menggunakan trafo itu masih butuh banyak energi.
      900VA dengan kebutuhan seperti itu, ada mesin fotokopi kalao hidup sepertinya tidak kuat.

  59. selamat siang semuanya..
    saya berencana mw buka warnet 8 unit pc client, 1 pc server, 9 LCD 18,5″, printer, kipas ukuran sedang, lampu hemat energi 7 x 23w,tapi daya yg terpasang di rumah saya 450W MCB 2A, saya juga berencana akan memasang stavolt 5KVa untuk menyiasati masalah daya, apakah stavolt 5kva yg akan saya pasang bisa memberikan daya untuk semua nya, atau jika saya ganti MCB jd 6A atau lebih, apakah tidak masalah dgn meteran / pihak PLN, mohon pencerahannya, bagaimana saya harus memenuhi daya dgn tetap memakai meteran listrik 450w, mngkin dgn rangkaian elektronika atau ada alat tambahan dan dimana saya bisa membelinya,,,…
    mohon dijawab secepatnya yah, trims sbelumnya,..
    mohon kirim juga jawabannya ke email saya onraw23@gmail.com

    • Waduh ga bisa daya 450VA untuk 9 CPU, Satbilizer itu fungsing untuk menstabilkan tegangan listrik bukan menghemat daya.
      Jika pakai daya 1300VA kemungkinan aman. Sebenrnya listrik 450VA jangan dinaikkan lumayan itu murah kwhnya. Jadi solusinya pasang listrik baru aja khusus warnet itu, atau kalo ada listrik meteran 450VA dan 900VA/1300VA bisa disatukan jaringannya tapi saya kurang paham cara itu, petugas PLN mengerti apakah bisa atau tidak dan minta tolong untuk menyatukannya kalo memang bisa.
      Apakah ada yang tau, apakah bisa 2 Meteran listrik kita satukan dayanya, dan gimana caranya menyatukan daya Listrik tersebut.
      Silahkan berbagi infonya!

  60. Permisi boss numpang mampir untuk bertanya :
    1 .gimana cara pasang capasitor di jaja pn
    2. aku ada bekas capasitor industri x 3 phase mmau aku pasang di rumah gimana cara masangnya >>???
    toloooooooooong di konfirm bosss aku sangat butuh pertolongan
    terimeh kasih

    • Kapasitor untuk apa fungsinya, saya kurang tahu. Klo industri memang listriknya 3 phasa beda dengan listrik dirumah. Jadi mungkin tidak cocok.

  61. Mas tlg infonya, koskosan saya ada 10 kamar. Tegangan yg pakai 2200 watt. Rencana mau dibagi perkamar (tiap kamar) memakai MCB 1A yg ingin saya tanyakan;

    1. 2200 watt dibagi 10 kan menggunakan 1A ketemunya 220VA, kira-kira efektif nggak? atau dengan 2A tiap dua kamar?

    2. Misal (1A) 220VA itu untuk pemakaian rata-rata perkamar PC, TV, Dispenser (on bila digunakan), Kipas kuat apa nggak?

    Mohon pencerahannya suhu… :))
    Terimakasih, URGENT

    • MCB 1A tidak ada, jadi sebaiknya tergantung keadaan disana. kalo disana kosan mahasiswa saran saya kasih pembatas aliran (MCB 4A) untuk 4-5 kamar.
      Dan ajarkan kebiasan hemat penggunaan listrik: jangan gunakan peralatan listrik dengan daya besar secara bersamaan, TV dan dispenser digunakan diruang bersama, jadi di tiap kamar tidak ada TV atau dispenser masing2.

  62. gan saya mau tanya dong dirumah saya daya 1300 VA … tapi voltasenya sering naik turun kadang tegangannya 150 volt dan paling maksimal 170 Volt seharunya kan 2200 volt,, klau saya mau masang stabilizer kira berapa KVA ya gan mohon di bantu.
    terimakasih

    • Voltase yg sering turun naik bisa merusak alat elektronik, seharusnya protes ke PLN bisa jadi trafo jaringan sekitar anda bermasalah.
      Untuk aman pasang stabiliser untuk alat elektronik yg kurang aman dari tegangan yg naik turun seperti TV dan komputer, beberapa alat lain seperti kulkas sebagian sudah aman dengan tegangan naik turun. Stabiliser untuk kapasitas 500VA sudah cukup.

  63. Bos mau nanya ni.dirumah sudah memakai 1300va.kira2 kuat tidak untuk 4pc dengan 4 lcd monitor serta 1 mesin photocopy ?mohon pencerahannya

  64. bos,misalkan R40,5A. S 50,8A T 50A.D ukur pake tang amper.kalo mau ngitung dayanya rst td di rata2 ga?tolong rumusnya sekalian.

    • Mas Ferdy saya masih kurang paham, mungkin ada ynag mengerti silahkan membantu. Tapi berdasarkan pengalaman saya arus di masing2 kabel R,S, & T jika terukur sebesar itu maka total arus yang terpakai tinggal dijumlahkan saja. (silahkan di koreksi jika salah)

  65. mas saya mau nanya, saya make daya 35 Amper, kabel yg dari kwh ke breker dalam rumah yg idealnya yg ukuran berapa, kalau 6mili meter cukup gak ya…trima kasih

  66. mas saya mau tanya,dikosan saya dapet sekitar 450 watt,itu untuk penggunaan TV dan kipas angin itu cukup kan …?????

  67. mas, maw tanya klo maw pasang dinamo 15 PK 5 buah + 30 PK 1 buah…untuk industri penggergajian kayu…kira2 butuh daya berapa ya??kira2 biaya pemasangannya berapa…

    Makasih,,,,

  68. Mas, mau tanya nih. Saya bermaksud menurunkan daya listrik dari pemakaian 4400 va menjadi 2200 va. untuk 3 kontrakan.
    Apakah cukup untuk 2 ac (3/4 pk dan 1/2 pk), kipas angin (1), TV (29′ (1), 14′ (2), computer pc (1), laptop (1), kulkas 1 pintu (3), magic jar (3), mesin cuci (1) belum lagi tentunya lampu dan setrika siang hari. terima kasih infonya

  69. Mas, saya mau tanya, berapa KVAR untuk listrik 3 phase 35 ampere?
    Makasih…

  70. boleh tanya?
    cara buat menghtung dri kwh ke rupiah gimana mas tolong solusi nya.

  71. Saya ikut nanya mas. Rumah saya 900, mau beli mikser dengan spesifikasi daya 400 W. Katanya pada tarikan awal dayanya bisa melebihi 400 ya? Memang sampai berapa persen lonjakannya? Rencana sih, pakai miksernya siang hari.
    Saya pernah baca ttg slow start, tapi apakah alat ini bisa tahan lama. Takutnya malah gonta-ganti slow start-malah lebih boros. Kira2 rumah kuat tidak ya ? Atau ada solusi lainnya?

    • Sepertinya tidak masalah daya 900. Besar sekali daya mixernya memang buat usaha mixer dengan daya sebesar itu, klo tidak salah mixer iu sekitar 150-200watt.
      Jika memang dayanya 400watt tidak masalah juga dengan daya 900watt.

      • Mikser produk Jerman, terkenal awet dan tangguh. Ternyata 500 watt, tertulis seperti itu di spesifikasinya. Miksernya mikser rumahan, speed 1-4. Udah dicoba hitung dgn mlht meteran, speed 4 (tertinggi) 85 watt, mengaduk cake cepet banget adonan kental. Untuk speed 2 hasilnya 35 watt, mengaduk adonan roti hingga kalis elastis dan mesin nggak panas. Hand mikser saya yg sebelumnya kalau untuk mengaduk roti body mesin akan panaas sekali-dan memang tidak direkomendasikan untuk itu.
        Jadi sekarang saya berkesimpulan 500 watt adalah kemampuan motor, tapi bekerja di bawah kapasitasnya. Diharapkan motor akan tahan lama. Bagaimana menurut anda Pak ?

      • Benar sekali 500watt itu daya maksimal motor itu bekerja, jika beban kerja motor tersebut tidak sampai 500watt dia tidak akan bekerja sampai 500watt,
        Contoh sederhana kita naik sepeda mampu membawa beban 30kg tapi klo bebannya cuma 10kg jd energi yang dibutuhkan tidak sebesar jika kita membawa beban 30kg.

  72. mas,,bolam 10watt 220 Volt tegangan listriknya berapa??,,

    • Maaf sebelumnya Denta ini sekarang sekolah kelas berapa, tegangan listrik itu satuannya volt, klo di tanya arusnya bagi saja 10Watt/220 volt itu satuannya ampere

  73. mas,.. kamar kos saya hanya diberi 100 watt, setiap saya menyalakan TV (58 watt) mcb langsung turun, padahal hanya TV saja yg saya gunakan..! katanya sih krn ngangkat pertama x yg gk kuat..
    tolong pendapatnya mas?!

    • Masa diberi 100watt MCBnya berapa ampere, coba cek lagi. Mungkin 450watt (MCB 2A).
      Beberapa TV memang untuk hidup pertama agak tinggi, solusinya gunakan alat automatic power starting atau nonton di ruang bersama saja.

  74. Mas, numpang tanya. Untuk kantor dengan PC+LCD 15″ sampai dengan 101 unit, lalu ditambah AC 2 PK 8 unit, kira2 butuh daya listrik berapa ya? Thank you :)

  75. This specific blog, “Menghitung Daya Listrik | Kapilo0o’s Weblog” Cheap Window Treatments displays that you really know precisely what you are communicating about! I personally totally agree with your blog. Thanks -Willard

  76. salam kenal,mau tanya mas pada dasarnya tegangan PLN itu 220v , apa penyebab tegangan menjadi kecil (150v) ? TQ

    • Naik atau turunnya tegangan berasal dari sumbernya yaitu PLN, bisa jadi bersumber dari pembangkitnya atau dari trafo PLN nya yg ada masalah.

  77. Salam semuanya, saya mau nanya dirumah punya AC, 3 ac, yg satunya di conect dengan stabilizer ktnya sih karna 2pk, dan dipasangin mcb 6 amper, tapi belakangan ini mcb nya jatuh terus, kira2 masalhnya dimana yah? Dan apakh benar pemasangan mcb itu sebelum stabilizer ato setelahnya kalo dari sumber tegangan.. Mohon kalo ada kawan kawan yg bisa membantu trimakasih sebelumnya.

  78. mas mau tanya nich:
    Listrik saya 1300watt bayarnya sampai 456.000 rupiah perbulan, dirumah hanya ada 1AC 3/4 pk, kulkas, mesin cuci dan mesin air kecil panasonik. untuk Ac hanya malam hari hidup. itu bisa dikatakan normal apa tidak. mohon info dan arahanya?

    • Kalau AC hidup setiap malam dan sepanjang jam sudah pasti bayar listrinya mahal, sebaiknya gunakan seperlunya untuk AC.
      Untuk menghemat penggunaan Listrik sebaiknya perhatikan penggunaan seluruh peralatan seperlunya.
      Kalau memang kondisi itu yg sudah paling hemat, saya katakan itu kondisi yang normal untuk anda.
      Selamat berhemat.

  79. ijin bertanya.?tiba2 kulkas sy menjadi rusak n sy pggil org toshiba tuk membetulkan,setelah di cek tegangan kost an sy hanya mendapat 175v saja krn di bagi 3 tiap2 kamar menjadi segitu,disarankan memakai stabilizer 1000N MATSUNAGA n sy lgsg beli setelah beli sy tancapkan di stabilizer 1000N tuk kulkas serta tv.besok’y mati lampu n setelah lmpu nyala stabilizer 1000N sy tdk muter pada saat lampu nyala,sy lgsg cek kulkas menjadi redup lampu’y.bsk’y sy tuker stabilizer 1000N trsbt dengan yang baru krn msh garansi baru 3 hr.ygn ingin sy tanyakan saran apa yg hrs sy lakukan spy tdk terulang kembali kejadian yg sy alami tersebut n butuh brp stabilizer 1000N yg wajar didlm kost an krn ada (kulkas,tv,ricecooker,kipas angin,setrika,antena automatic,serta lampu kmr mndi,tengah n depan)

    • Coba cek dengan pasti tegangan listrik di rumah itu semua titik; semua kamar kos dan juga di dekat sumber meteran listrik kalau sama semua berada dibawah 220V berarti ada masalah di tengangan listrik di dalam rumah itu. Cek pula ke tetangga sebelah jika sama berasal dari listrik PLN (gardu PLN), jika tetangga sebelah normal tengangan lisriknya berarti ada yang salah dengan listrik di rumah/kosan itu.
      Kalau ada masalah tegangan yang ga normal silahkan saja lapor ke Petugas PLN mungkin di meteran listrik ada gangguan sehingga tengangan listrik tidak normal. Call center PLN 123 (dari telepon biasa) jika masalah diluar rumah kita atau meteran listriknya itu tugas mereka kita hanya melaporkan, dan petugas nanti akan datang ke alamat karena ada surat tugas dari kita.
      Mereka dibayar dengan surat tugas dari laporan kita dan setelah selesai mengerjakan kerjaannya mereka akan meminta kita menanda tangani surat kerjanya bukan kita membayar hasil kerjanya.

  80. mau nanya bozZ…., untuk kbutuhan listrik : 1 kulkas + tv 2 bh 29″ + 2 bh AC 1/2 PK + 1 bh pompa air + 1 bh mesin cuci + 1 bh dispenser + 1 unit komputer pc + 3 bh laptop + 2 bh printer + 15 bh lampu (rata” 20 w), bisa ga’ dgn daya listrik 900 watt?? mohon bantuan saran & masukannya, trima kasih…!!

    • Saran saya klo mau menentukan daya listrik lihat dari kebutuhan daya tertinggi dari alat-alat itu. Kebutuhan daya yg terbesar di AC untuk 1/2 PK daya yg dibutuhkan 350-500 watt kalau 2 berarti butuh sekitar 1000watt di AC. Jadi kalo 900 watt daya yang dipasang tidak cukup.
      Kalau melihat banyaknya peralatan listrik seharusnya daya yang terpasang 2200 watt.

  81. Mas,saya kurang tahu daya normal suatu ruangan kos itu brapa. Tapi di kamar saya yang baru hanya ada komputer dengan lampu yang menyala. Lalu saya hidupkan komputer,booting sering hang. Lalu saya cek stavolt saya tidak stabil antara 220 volt atau dibawahnya. Lebih sering kurang dari itu. Apa bisa diakali untuk daya yang kurang,atau harus menambah daya. Bisakah daya ditambah namun hanya 1 kamar saja?

    • Listrik tidak stabil kalo sudah di pasang stabiliser terutama untuk komputer lebih baik, klo normalnya tes pakai Avometer digital 220-225volt coba tes pakai Avometer Digital.
      Kalao booting komputer sering hang kecil kemungkinan dari listrik, mau bukti cari coba hidupkan di tempat lain kalau hang juga masalah di komputernya.
      Jadi tidak ada hubungannya harus tambah daya.

  82. Terima kasih atas tips and tricknya,
    Bermanfaat sekali

  83. mas, saya mau tanyaa
    kalo memeperkirakan pemasangan mcb buat kwh baru d rumah yang belum berlistrik dan di daerah yang belum berlistrikk bagaimana mas,, misalnya instalasi rumahnya belum ada,,, mohon pencerahannyaa mass…

  84. Mas mau tanya…dikosan saya dayanya 1300 (Token) saya pasang AC 1 PK…keterangan dimeteran “daya Lebih” kurang lebih 3 menit kemudian mati meterannya (bukan MCBnya) 6 menit kemudia nyala kembali..Apakah kelebihan daya atau meterannya yang bermasalah? mohon infonya

    • Kebutuhan dayanya jadi tinggi dengan AC 1PK seharunya dengan 1/2 PK saja yg terpasang sudah cukup.
      Daya AC 1 PK saya belum pernah mengukurnya mungkn antara 800-1000 watt. Jika ada beban lain selain AC maka kelebihan daya mungkin sekarang karakter meteran Listrik Prabayar jika daya berlebih akan mati.

  85. mas saya mau tanya d kantor pake mcb 20A,kenapa klo pc 2 unit,cpu 2 unit,30 titik lampu,1 dispenser,,kalo lampu di nyalain smua mcb,nya turun mas,,apa mcb,nya di ganti dgn 40a mas?????kalo cma 8 titik lampu di pasang 1 phase ke mcb 20A bisa gak mas?mohon di beri pencerahan

    • mmm…kurang paham juga ini.
      coba di tes arus listriknya dengan tang Ampere dan di cek kembali arus listriknya dipakai untuk apa saja.

  86. wah ketinggalan AC,nya 2 unit 1 pk mas

  87. Bos saya mau tanya… kira-kira saya butuh berapa KVa untuk memenuhi kebutuhan listrik 400unit rumah dengan masing-masing rumah di beri daya 450 watt

    • Hubunggi saja langsung ke PLN

      • Mas azzy mohon info rumah saya 1300 watt,saya ingin membuat 15 kamar untuk kost dan 3 kamar mandi,sebaiknya berapa besar MCB yg saya gunakan dan bagaimana pembagiannya?terima kasih atas pencerahannya

      • Tergantung keadaan kost disana atau kebijakan bapak saja, kalau saya punya saran jika 15 kamar itu dalam 1 rmh sendiri dirasa cukup untuk mereka semua dengan memberi pengarahan supaya hemat dalam menggunakan energi saja sebab nanti yang bayar listrik mereka sendiri. Jika kost ini baru di bangun bisa juga disiasati dengan memberikan MCB 2A yang masuk kedalam kamarnya masing-masing ( tujuan supaya terkontrol pemakaian mereka, jika ada peralatan yg berdaya besar seperti TV, penanak nasi, dll sebaiknya digunakan secara bersama diruang bersama dan dapur mereka dengan tanpa pembatas daya.

  88. gan saya punya warnet 15 pc + ac 1/2 pk +1kulkas daya listrik 2200 wat .. .. kenapa habis listrik mati/ padam, kalau waktu nyala kembali pasti jeglek . kira2 penyebabnya apa y gan.. mohon bantuanya

    • Ya pasti karena mendadak beban listrik besar secara bersamaan, solusinya jika mati lampu cabut kabelnya listrik PC masing-masing karena biasanya power suplai PC itu selalu ON jika terhubung ke jaringan listrik setelah itu baru hidupkan listrik dan kita satu satu menghidupkan PC

  89. mo tanya,listrik sya 2200,pke di kilo meter c10,di dalem pke mncb c10 juga,kadang ska turun,di kilometernya,tapi…kali sya taekin lagi,yg dalem turun mulu,,jadi bingung,,mana yg rusak,,mohon penjelasannya..?? tks..

    • Kalau turun sebelum dinaikan MCB nya sebaiknya matikan beberapa peralatan listrik yg berdaya besar seperti TV, AC Kulkas, dispenser, dll. Sekurang-kurangnya pada saat hidup jangan sampai memiliki beban yang tinggi, lampu juga bila perlu kurangi baru di naikkan MCB nya. Sebab wajar jika beban masih tinggi dan MCB bagian dalam yang turun.

  90. mas bro,tanya nih..aki 12v 50A,secara teori kan aki tsb dlm kondisi penuh,punya daya 600watt hour,.bila kita menyalakan perangkat elektronik dgn menggunakan inverter,apakah daya tsb bisa digunakan smpai hbis secara keseluruhan,atau hny sekian persen saja dari total daya aki tsb?.trims..slm knal.

    • Benar pak hanya sekian persen saja, menurut saya seperti itu juga. Pasti bisa kita gunakan untuk peralatan elektronik arus AC tentungan dengan menggunakan inverter DC to AC.

  91. Maaf mau tanya…tegangan listrik dirumah saya dibawah 200 v.daya listriknya 2200.
    Sudah 5x tlp pln.mereka sudah pindahin kabel listriknya kebeberapa gardu yg lain tp semua didaerah saya ternyata jelek tegangannya.akhirnya saya beli stabilizer yg pertama merk cina harga 900an untuk 3000w tp ac tetap mati hidup klo malam..yg kedua untuk 5000w seharga 1.7jt.tp br 3 bln kebakar.bisa kasih saran saya mesti beli yg gimana stabilizernya dah pusing ac kulkas rusak.plnnya juga nyerah nyuruh pasang stabilizer.terus stabilizer untuk listrik 2200 belinya yg 3000 atau 5000 ya…terimakasih mohon jawabannny

    • Kalau semua daerah dan tetangga anda mengalami hal yang sama tegangan listriknya dibawah 200Volt solusinya anda harus terus menekan PLN sebab kesalahan ada di mereka sebab ada kerusakan di trafo PLN. Seharusnya segera mereka perbaiki atau diganti baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: